oleh

Bina Kewirausahaan, IRT Di Baruga Diedukasi Membuat Sabun Cair

PENASULTRA.COM, KENDARI – LPPM Universitas Halu Oleo (UHO) melalui Program Kemitraan Masyarakat Internal (PKMI) melaksanakan bimbingan teknis usaha kreatif di RW 09 Kelurahan Kadia, Kecamatan Kadia, Kota Kendari, Senin 18 November 2019.

Pada bimbingan teknis usaha kreatif kali ini, para ibu rumah tangga (IRT) di komplek perumahan Lacinta II ini diedukasi cara pembuatan sabun cuci piring dan shampo mobil.

Ketua Tim Pelaksana PKMI UHO, Dr Nur Asizah mengatakan, pembuatan sabun cair relatif mudah dipelajari, diproduksi, dan dikembangkan oleh masyarakat. Namun, diperlukan transfer pengetahuan dan pendampingan dari perguruan tinggi yang melibatkan mahasiswa.

Baca Juga:  Tingkatkan Kapasitas Guru, LPPM UHO Adakan Pelatihan Literasi TIK Dasar

Sehingga, program pengabdian ini dinilai penting sebagai kegiatan pemberdayaaan untuk meningkatkan kompetensi sumber daya manusia. Yakni, melalui kegiatan pelatihan nonformal berupa pelatihan industri pengolahan.

“Salah satu kegiatan tim UHO dalam program pembimbingan dan pelatihan bagi pemberdayaan mitra adalah bimbingan wirausaha dan pelatihan  produksi sabun cair,” kata Nur Asizah.

Dosen FEB UHO ini menjelaskan, kegiatan ini dimaksudkan untuk memberi pemahaman arti penting pengembangan diri dengan menanamkan jiwa wirausaha.

Baca Juga:  Pemda Bombana Gandeng LPPM UHO Kaji Pengembangan Budaya Tradisional

Selain itu, masyarakat khususnya IRT dapat memperoleh pengetahuan memproduksi dan memasarkan hasil produksinya. Di tengah besarnya permintaan terhadap produk pembersih rumah tangga saat ini.

Pihaknya berharap, melalui bimbingan teknis, peserta pelatihan dapat menjadi wirausaha baru dan mampu memproduksi sabun cuci piring dan sampo mobil.

“Dampak yang diharapkan adalah meningkatkan kesejahteraaan melalui pemenuhan kebutuhan sabun cair secara mandiri, serta upaya   pemberdayaan ekonomi masyarakat,” tutup Nur Asizah.(b)

Penulis: Faisal

NEWS FEED