oleh

BNN Sultra Musnahkan Ratusan Gram Barang Bukti Sabu-Sabu

-Pena Hukum-659 views

PENASULTRA.COM, KENDARI – Badan Narkotika Nasional (BNN) Provinsi Sulawesi Tenggara (Sultra) memusnahkan ratusan gram barang bukti (BB) narkotika golongan 1 jenis sabu-sabu hasil pengungkapan selama bulan Juli-Agustus 2020 sebanyak 951,62 gram.

Kepala BNNP Sultra, Brigjen Pol Ghiri Prawijaya, mengungkapkan jumlah barang bukti dan temuan yang berhasil diungkap pihaknya hingga saat ini sebanyak 964,27 gram dengan rincian 259,62 gram merupakan barang bukti dan 704,62 merupakan barang temuan. Dari jumlah barang bukti tersebut yang dimusnahkan sebanyak 246,65 gram, sementara 13 gram disisihkan untuk dijadikan barang bukti saat persidangan nanti.

“Jumlah barang bukti narkotika jenis sabu-sabu seberat 246,65 gram dan barang temuan narkotika jenis sabu sabu sebanyak 704, 62 gram. Total seluruh barang bukti yang dimusnahkan pada hari ini sebanyak 951,27 gram,” kata Ghiri.

Pemusnahan barang bukti yang dilakukan pihaknya kata Ghiri, merupakan pemusnahan yang ketiga kali selama tahun 2020. Pemusnahan barang bukti 246,65 gram merupakan hasil pengungkapan dari seorang tersangka AR (22) seorang mahasiswa yang ditangkap di rumahnya Lorong Ilmiah, Jalan Ahmad Yani Kelurahan Mataiwoi, Kecamatan Wuawua, Kota Kendari, pada 8 Juli 2020 lalu, sekitar pukul 13.00 Wita.

Pemeriksaan barang bukti narkoba jenis sabu di halaman kantor BNNP Sultra (Foto: Husain)

“Sementara barang temuan yang kami musnahkan sebanyak 704, 62 gram kami telah melalukan pencarian, namun pelakunya belum kami temukan, sehingga demi menghindari penyalahgunaan narkoba, maka kami langsung memusnahkan semuanya,” ungkapnya.

Pemusnahan barang bukti ini, lanjut dia, bertujuan untuk mencegah terjadinya penyalahgunaan barang bukti. Hal ini merupakan rangkaian proses penyidikan dimana barang bukti yang sudah mendapat ketetapan status dari Kejaksaan Negeri untuk dimusnahkan, wajib segera dimusnahkan sesuai perintah Undang-Undang Nomor 35 Tahun 2009 tentang narkotika,” tutur Ghiri.

“Narkoba sangat berdampak buruk terhadap kesehatan masyarakat utamanya generasi muda, untuk itu semua pihak diharapkan bahu membahu dan bersinergi dalam pemberantasan narkoba di daerah kita. Hingga hari ini BNNP Sultra telah memusnahkan narkotika jenis sabu sabu sebanyak 3,264 kilogram sejak Januari hingga Agustus,” pungkasnya.

Pemusnahan barang haram tersebut dilakukan di halaman belakang Kantor BNNP Sultra, menggunakan mesin insinerator milik Balai POM Kendari, dan disaksikan Kepala Kejaksaan Tinggi Sultra, Perwakilan Dir Narkoba Polda Sultra, Kepala Kejaksaan Negeri Kendari, Perwakilan Dinkes Sultra, Kepala BPOM Kendari, Kepala BNNK Kendari dan sejumlah tokoh masyarakat.(b)

Penulis: Sain

Komentar

NEWS FEED