oleh

Bupati Konut Resmikan Anjungan Dukcapil Mandiri, Kini Bisa Cetak e-KTP Lebih Cepat

-Pena Daerah-204 views

PENASULTRA.COM, KONUT – Pemerintah Daerah Kabupaten Konawe Utara (Konut) melalui Dinas Kependudukan Pencatatan Sipil (Dukcapil) terus mengembangkan sistem pelayanan masyarakat yang berbasis teknologi.

H Ruksamin, selaku Bupati Konut meresmikan Ajungan Dukcapil Mandiri (ADM) di Aula Kantor Kecamatan Lasolo, Senin, 1 November 2021.

Acara ini dihadiri oleh Kepala Dinas Dukcapil Provinsi Sulawesi Tenggara (Sultra), jajaran Forkopimda, Kepala OPD lingkup pemerintah Kabupaten Konut, Kepala Dinas Dukcapil dari beberapa Kab/Kota diantaranya Kota Kendari, Kabupaten Konawe, dan Kabupaten Kolaka Timur, serta para Camat dan Kepala Desa sekabupaten Konawe Utara.

Bupati Konawe Utara H Ruksamin dalam sambutan menyampaikan sangat mengapresiasi dengan dihadirkannya Anjungan Dukcapil Mandiri ini di tengah-tengah masyarakat, yang mana program ini adalah perwujudan dari visi-misi H Ruksamin dan H Abu Haera yaitu Konasara (Konawe Utara Lebih Sejahtera dan Berdaya Saing).

”Pada misi ke 4, mewujudkan tata kelola pemerintahan yang bersih, yang kuat, dan salah satu implementasinya adalah memberikan pelayanan yang prima dan begitu cepat. Dan Alhamdulillah belum cukup satu tahun pemerintahan H Ruksamin dan H Abu Haera, berdaya saingnya sudah mulai terbentuk, yang mana Anjungan Dukcapil Mandiri ini baru pertama di luncurkan di Sulawesi Tenggara yaitu di Kabupaten Konawe Utara,” ujar Ruksamin.

H Ruksamin juga menjelaskan bahwa fungsi alat yang hari ini diluncurkan dapat mencetak dokumen-dokumen kependudukan seperti KTP, KK, KIA dan Akta Kelahiran, dan tidak lupa mengintruksikan kepada Dinas Dukcapil agar pelayanan terus ditingkatkan.

”Saya minta kepada Kepala Dinas Dukcapil Konut agar paling lambat Januari 2022 pelayanan kita sudah jadi level 4, apa yang bapak butuhkan tinggal sampaikan ke Bupati, saya siapkan untuk bapak. berani kita menyuruh, berarti berani kita siapkan,” tegasnya.

Dan untuk mendukung program ini, H Ruksamin selaku Bupati Konawe Utara juga mengintruksikan kepada para Camat dan Kepala Desa untuk aktif dalam pengadministrasian data kependudukan.

Senada, Kepala Dinas Dukcapil Konut, Drs Mili, dalam sambutannya memaparkan moto pelayanan Dinas yang dipimpinnya yaitu memberikan pelayanan yang membahagiakan masyarakat, pelayanan yang cepat, mudah, tertib, adil, transparan dan gratis.

”Untuk mewujudkan moto tersebut, kami melakukan beberapa inovasi, yaitu melakulan pelayanan terintegrasi, melakukan pelayanan online baik melalui Whatsapp maupun Website, kemudian melakukan jemput bola di desa-desa secara “door to door” juga di sekolah-sekolah. Kemudian rekam cetak di tempat, tidak ada lagi berkas yang kami bawa ke kantor, “papar Mili.

Mili berharap dengan diluncurkannya Anjungan Dukcapil Mandiri ini, masyarakat betul-betul memahami keberadaan sistem ini dan dengan mudah dan cepat memberikan pelayanan kepada masyarakat sehingga dapat meminimalisir kendala yang terjadi dalam pengurusan administrasi data kependudukan.

Penulis : Iwan Charisman

Komentar

NEWS FEED