oleh

Cegah Covid-19, Mahasiswa KKN Tematik UHO Gelar Penyuluhan di SDN 16 Tongkuno

PENASULTRA.COM, MUNA – Mahasiswa peserta Kuliah Kerja Nyata (KKN) tematik Universitas Halu Oleo (UHO) Kendari menggelar penyuluhan pencegahan Corona Virus Disease (COVID-19) pada siswa Sekolah Dasar (SD).

Kegiatan tersebut diselenggarakan di SDN 16 Tongkuono, Desa UP Wuna, Kecamatan Tongkuno, Kabupaten Muna, Sabtu, 20 Juni 2020 dan diikuti oleh puluhan siswa SDN 16 Tongkuno.

Luber, mahasiswa KKN yang menjadi instruktur dalam kegiatan tersebut mengungkapkan bahwa pengetahuan mengenai pencegahan Covid-19 wajib diberikan kepada anak usia dini. Hal ini sebagai upaya mencegah penyebaran pandemi virus Corona.

Foto bersama murid SDN 16 Tongkuno bersama guru dan mahasiswa KKN usai kegiatan penyuluhan (Foto: Uceng)

Menurut Luber, langkah awal yang perlu di berikan pada anak usia dini dalam pencegahan Covid-19 adalah penerapan polah hidup sehat, seperti mengkonsumsi makanan yang berizi, rajin berolahraga, dan istirahat secukupnya.

“Disini anak-anak Sekolah Dasar kita tekankan polah hidup sehat dengan menjaga kebersihan, rajin mencuci tangan, memakai masker, dan menjaga jarak”, terang Luber kepada awak media ini usai memberikan penyuluhan kepada murid SDN 16 Tongkuno, Sabtu, 20 Juni 2020.

Lebih lanjut mahasiswa Jurusan Psikologi UHO tersebut mengungkapkan bahwa beberapa gejala klinis dari Covid-19 yakni, Demam, batuk pilek, panas tinggi, dan sakit tenggorokan.

Selain itu, ia menegaskan jika ada orang yang mengalami gejala-gejala tersebut agar segera berkonsultasi pada pihak kesehatan dan selalu menjaga jarak dengan orang-orang di sekitar.

“Jika ada orang yang mengalami gejala tersebut jangan di jauhi apalagi di bully. Kita harus berikan semangat, dan suport sama dia. Karena kalau di bully bisa menimbulkan dampak lain pada orang tersebut, terutama kondisi psikologisnya”, ungkapnya.

Sementara itu, Kepala SDN 16 Tongkuno, La Kiai, turut mengapresiasi penyuluhan yang dilakukan oleh mahasiswa KKN tersebut. Menurutnya, kegiatan seperti ini sangat bermanfaat bagi anak-anak sekolah dasar.

“Saya ucapkan terimakasih kepada mahasiswa KKN yang telah berkunjung di sekolah kami dan melakukan kegiatan penyuluhan. Ini dapat menambah pengetahuan bagi anak murid kami, apalagi kami di sini, di pelosok kurang memperoleh informasi “, ucap La Kiai.(b)

Penulis: Uceng

NEWS FEED