oleh

Chat WA yang Diduga Desain Kerusuhan Pilkada Muna Diadukan ke Polda Sultra

-Pena Hukum-282 views

PENASULTRA.COM, MUNA – Eskalasi Pilkada Muna akhir-akhir ini kerap menimbulkan gejolak sosial di masyarakat. Rombongan simpatisan paslon Bupati dan Wakil Bupati Muna, La Ode M Rajiun Tumada – H. La Pili (RAPI0) kerap mendapatkan aksi provokasi dari oknum-oknum yang diduga merupakan pendukung paslon lain. Kejadian itu berulang kali dan diduga terpola sebagai kejahatan yang tersistematis.

Beberapa waktu lalu beredar percakapan WhatsApp Grup Terbaik R1. Dalam percakapan tersebut terlihat tiga akun, yakni AHQ, RFT, dan SF. Anehnya, konten percakapan tersebut diduga mendesain kekacauan Pilkada Muna.

Menyikapi hal tersebut, Irman, salah seorang warga Muna mengaku geram dengan desain sekelompok orang yang mencoba mengacaukan Pilkada dengan menyerang simpatisan paslon RAPI. Ia pun berinisiatif untuk melaporkan ini ke Direktirat Reskrimsus Polda Sultra.

“Ini inisiatif saya sendiri sebagai masyarakat Muna. Mereka yang ada namanya dalam chat ini harus diperiksa. Isi chatnya sangat jelas bahwa mereka mendesain kerusuhan di Muna saat ini,” tegas Irman.

Irman mengaku pelaporan ini untuk menghabisi oknum provokator dalam Pilkada Muna 2020. Beberapa oknum yang diduga tergabung dalam chat grup Terbaik 1 tersebut ia ketahui sebagai tim kampanye dan simpatisan di salah satu Paslon. Postingan mereka di Facebook terindikasi kerap memprovokasi masyarakat.

“Beberapa oknum tersebut diduga keras provokator di Pilkada Muna kali ini. Masyarakat Muna sudah tidak asing dengan tingkah mereka. Kami percayakan pihak keamanan menangkap oknum-oknum provokator itu,” tambah Irman.

Sementara itu, Wahidin Kusuma Putra, Juru Bicara Paslon RAPI meminta kepada Ditkrimsus Polda Sultra agar segera menangkap oknum-oknum yang diduga tergabung dalam grup Terbaik R1 tersebut. Hal ini demi stabilitas masyarakat Muna.

“Oknum-oknum tersebut harus ditangkap segera. Mereka diduga mendesain kerusuhan akhir-akhir ini. Kasihan masyarakat Muna yang menjadi korban. Kami dari Tim RaPi sangat mengharapkan Pilkada Muna kali ini berlangsung damai dan sejuk,” ucap Wahidin.

Sebagai informasi, beberapa hari lalu beredar percakapan WhatsApp Grup. Grup tersebut tertulis bernama Terbaik 1. Terlihat tiga nama yang terpampang sebagai member yakni yakni AHQ, RFT, dan SF. Percakapan tersebut memuat desain kerusuhan yang mengorbankan Pasangan RaPi.

Penulis: Husain

Komentar

NEWS FEED