oleh

Diduga Cemari Lingkungan, KNPI dan IPPMAKA Konut Desak PT BNN Hentikan Aktifitas

-Pena Daerah-340 views

PENASULTRA.COM, KONUT – PT Bumi Nikel Nusantara (BNN) diduga telah melakukan pencemaran sumber daya air yang terjadi di Desa Puuwonua, Kecamatan Andowia, Kabupaten Konawe Utara (Konut), Provinsi Sulawesi Tenggara (Sultra).

Menanggapi hal itu, Komite Nasional Pemuda Indonesia (KNPI) Konawe Utara (Konut) dan Ikatan Pemuda Pelajar Mahasiswa Kecamatan Andowia (IPPMAKA) meminta agar PT Bumi Nikel Nusantara (BNN) untuk segera menghentikan aktivitasnya.

“Saya selaku ketua KNPI Konut menyikapi itu berharap untuk sementara aktivitas PT BNN dihentikan dulu, sambil menunggu bagaimana mediasi Pemerintah Daerah dengan persoalan ini,” kata Ketua KNPI Konut Muhammad Husni Ibrahim beberapa waktu lalu.

MHI sapaan akrabnya mengatakan bahwa masyarakat Desa Puuwonua merasa resah dan khawatir akibat dampak dari aktifitas PT BNN itu.

Keresahan itu timbul karena bak yang ada di Desa Puwonua berdekatan dengan desa-desa lain sehingga ia menyarankan pihak PT BNN untuk tidak melakukan kegiatan apapun.

“Sekarang ini Puwonua, bisa jadi akan bergeser ke Desa Labungga, atau Laronanga, bahkan Andowia. Karena wilayah kawasan itu memang menjadi penyangga sumber daya air khususnya di daerah kelurahan andowia, dan sekitarnya,” tukasnya.

“Saya juga menegaskan bahwa kemungkinan besar dugaan kami ada pengelolaan yang keliru disitu mungkin terkait tambang, kita juga nanti tanyakan apakah dia punya Izin Pinjam Pakai Kawasan Hutan kalau ada luasannya berapa, di wilayah mana saja,” tambahnya.

Ia menjelaskan jika perusahaan yang masuk ke sumber daya air jangan sampai diluar konsesi Izin Pinjam Pakai Kawasan Hutan.

“Nah kalau dia diluar konsesi IPPKH berarti itu tindak pidana,” imbuhnya.

Di tempat yang sama, Ketua Umum IPPMAKA Muh Iting Saputra mengaku kecewa atas tindakan PT BNN yang telah mencemari lingkungan di Desa Puwonua.

“Saya selaku ketua umum sangat kecewa oleh pihak PT BNN yang dimana Tidak ada negosiasi ke masyarakat,”tutupnya.

Hingga berita ini terbit, pihak media belum terhubung dengan pihak PT BNN

Penulis: Tim Redaksi

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Berita Terkait