oleh

Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kendari Lakukan Pemilihan Duta Wisata Luale Anandonia

-Pena Kendari-321 views

PENASULTRA.COM, KENDARI – Malam puncak Pemilihan Duta Wisata Anandonia Luale 2021 yang diselenggarakan di Ballroom Liquid hotel Claro Kendari 14 November 2021 dibuka oleh Asisten 2 Kota Kendari Susanti. Sos, mewakili Wali Kota Kendari.

Asisten 2 Kota Kendari yang membacakan sambutan Wali Kota Kendari mengungkapkan, pelestarian budaya salah satunya Suku Tolaki yang ada di daratan Kota Kendari dan sekitarnya penting dilakukan, salah satunya melalui kegiatan pemilihan Luale Anandonia.

“Saya menyambut baik kegiatan ini, guna pelestarian budaya dan pengembangan promosi kepariwisataan,” ungkap Asisten 2

Lebih lanjut dia berharap khususnya bagi generasi milenial dan peserta Luale Anandonia 2021, menjadi bagian dari pembangunan Kota Kendari selama ini.

”Saya berharap kepada anak-anaku sekalian, dapat mempromosikan hasil-hasil pembangunan yang kita capai selama ini, mulai dari pembangunan infrastruktur fisik maupun pembangunan nonfisik serta mempromosikan berbagai penghargaan yang telah kita (Kota Kendari) dapatkan baik di bidang kebersihan, kesehatan, perencanaan dan kota layak anak. Bahkan sekarang ini kita (Pemkot Kendari) sedang mengembangkan pelayanan digitaliasi berbasis informasi dan tekhnologi,” lanjutnya.

Sementara itu Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kota Kendari Abdul Rifai, selaku penyelenggara kegiatan menyatakan, kegiatan ini memiliki banyak tujuan penting sesuai arah dan kebijakan program kepariwisataan dan kebudayaan Kota Kendari, dan telah menjadi agenda tahunan untuk pelaksanaannya terkecuali sempat tertunda akibat Pandemi Covid 19 pada tahun 2020 lalu.

”Kegiatan ini merupakan ajang pencarian bakat dan pengujian mental peserta, dan peningkatan kapasitas Sumber Daya Manusia bidang kepariwisataan di Kota Kendari. Kegiatan ini juga bertujuan membentuk remaja-remaja berdedikasi dan berprestasi serta dapat membantu Pemerintah Kota Kendari untuk mempromosikan pariwisata seni dan budaya kota kendari,” ungkap Rifai dalam sambutannya.

Dalam malam puncak pemilihan Luale Anandoni 2021 kali ini, para peserta mendapatkan sejumlah pertanyaan dari Dewan juri yang dibagi dalam 3 sesi penjurian, 6 besar, 3 besar dan pemenang utama.

Ketua Tim Penggerak PKK Kota Kendari, Hj. Sri Lestari Sulkarnain turut hadir sebagai juri tamu yang memberikan pertanyaan saat pemilihan 3 besar finalis Luale Anandonia kali ini.

Tsamara Jihan Aztsa dan Ihya Ulumuddin, akhirnya terplih menjadi Luale Anandonia 2021 setelah bersaing dan menyisihkan 18 finalis lainnya. Dalam grand final kali ini seluruh peserta mendapatkan sejumlah penghargaan sesuai penilaian dewan juri karena 20 Finalis adalah pemenang dari 70an peserta lainnya yang telah tersisih sebelum malam grand final kali ini.

Selain pemenang utama Luale Anandonia 2021, finalis lain yaitu Adit Fito dan Fanika Rahayu, (Juara 2), Ronal Saputra dan Ananda Aliyah Rahmadani (Juara 3 ), Sulendra Mukti dan Balkish Halila Azeza (Juara Harapan 1), Muhammad Agil Ismail dan Lutfia Ihwani Umar ( juara harapan 2 ),Triyanto Renaldi dan Anna Amatullah (juara harapan 3), Mujahidin Akbar dan Anissa Rabiyani, (Juara favorit ), Ricky Wahyudi dan Yunita Aulia Putri (Juara Intelegensia), Ali Ahmad Ardin dan Hirarama Yutika, (Juara Finalis persahabatan), Resky Agung Pratama dan Naila Najwa Syahrani, (Juara Finalis fotogenik ).

Selain mendapatkan uang tunai pembinaan, para peserta juga mendapatkan sejumlah hadiah dari para sponspor kegiatan ini. Sementara Luale Anandonia 2021 Tsamara Jihan Aztsa dan Ihya Ulumuddin berhak mendapatkan piala bergilir serta mahkota dan keris simbol pemenang utama Pemilihan Duta Pariwisata Kota Kendari kali ini, dan akan bekerja membantu pemerintah selama 1 tahun kedepan terkait dunia kepariwisataan seni dan budaya Kota Kendari.

Editor: Sudiami

Komentar

NEWS FEED