oleh

Dishub Akan Sidak dan Periksa Dokumen Pelsus yang Beroperasi di Konut

-Pena Hukum-319 views

PENASULTRA.COM, KONUT – Dinas Perhubungan (Dishub) Kabupaten Konawe Utara (Konut) secepatnya akan melakukan sidak dan pemeriksaan dokumen Pelabuhan Khusus (Pelsus) yang beroperasi di wilayah Kabupaten Konut.

Hal itu diungkapkan Kadishub Konut Aris saat ditemui di Kantor Bupati Konut, Senin 15 Maret 2021.

Diketahui, ada beberapa Jetty (Pelsus) yang beroperasi di Blok Morombo dan diduga kuat sampai saat ini belum diketahui keberadaannya dari pihak Dishub Konut tidak dikantongi beberapa izin dokumen pendukung.

“Soal adanya Jetty terbaru yang ada di blok Morombo belum ada informasi ke kami sama sekali, dan jika memang benar ada, Jetty tersebut bisa dikatakan siluman, secepatnya kami akan turun klarifikasi perihal tersebut ada atau tidak, kalaupun misalkan kita temukan ada Jetty kita akan menanyakan mana izin seperti dari kementerian, rekomendasi, paling tidak jika ada Jetty tersebut pertimbangan teknis keterlibatan kita sebagai dinas terkait,” kata Aris.

Dikatakan Aris, sampai hari ini belum ada rekomendasi yang diberikan dari pihak Dishub perihal Pelsus tersebut.

“Belum ada rekomendasi yang diberikan, kalau perusahaan tersebut misalnya baru saja, kecuali mungkin yang lalu-lalu sudah ada sebelum saya jadi kadis itu bisa jadi pernah ada, jika melakukan aktivitas sebelum mengantongi izin itu adalah pelanggaran, dan itu tidak boleh dilakukan dulu,” tegasnya.

Ia menambahkan total Jetty yang telah ada dan aktif itu berkisar 8 Jetty yang saat ini masih beroperasi di Konut.

“Yang lengkap dokumennya seperti Sinar Jaya, Paramitha, Roshini, Tiran itu diantara beberapa Jetty di Konut, “bebernya.

Menurutnya, jika berdasarkan aturan yang sebenarnya sekalipun itu sudah ada dokumen pertimbangan teknis dari Dishub itu tidak serta-merta dilakukan, dengan pertimbangan ada izin dari kementerian karena rekomendasi yang dikeluarkan dari Dishub dan PTSP Konut menjadi dasar untuk diajukan ke provinsi kemudian diteruskan di Kementerian.

“Dalam waktu dekat ini, pihaknya akan melakukan sidak dan pemeriksaan kepada jetty perusahaan yang sementara aktif maupun tidak. Kami akan turun bersama Pol PP dan Perizinan Konut meninjau langsung, “tutupnya.

Penulis: Zakki

Komentar

NEWS FEED