oleh

Donasi PT Pertamina untuk Korban Banjir di Sultra Capai Rp2 Miliar

Pesona Kota Kendari

PENASULTRA.COM, KENDARI – Meski masa tanggap darurat bencana banjir yang terjadi di beberapa wilayah di Sulawesi Tenggara (Sultra) kini telah berakhir. Namun, banjir yang mulai sejak awal Juni 2019 itu tercatat telah merendam hingga 5.500 KK di Konawe dan Konawe Utara (Konut).

Tak hanya itu, banjir parah ini juga merendam pertanian beserta fasilitas publik. Hal ini menyebabkan masyarakat harus mengungsi dengan hanya mengenakan pakaian di badan tanpa membawa bahan makanan yang cukup selama pengungsian.

Sejumlah pihak pun mengulurkan tangan meringankan korban banjir. PT Pertamina pun tak ketinggalan memberikan donasi untuk korban bencana banjir dalam tema “BUMN Hadir Untuk Negeri”.

Baca Juga:  Melalui CSV, PT Pertamina Ciptakan Entrepreneur Muda dan Mandiri

Unit Manager Communication & CSR PT Pertamina Marketing Operation Region (MOR) VII Sulawesi, Hatim Ilwan mengatakan, pihaknya telah menyalurkan bantuan sejak 29 Juni 2019 lalu, totalnya mencapai Rp2 miliar.

“Dananya mencapai Rp2 Miliar. Pertamina yang mengkoordinir langsung penyerahannya,” kata Hatim melalui rilis persnya, Rabu 3 Juli 2019.

Menurutnya, total bantuan tersebut berasal dari 31 perusahaan BUMN dan afiliasinya yang tergabung dalam program BUMN Hadir Untuk Negeri.

Bantuan yang diberikan diantaranya berupa sembako, pakaian, alas tidur, makanan cepat saji, air mineral, perlengkapan sekolah dan kebutuhan pokok utama lainnya.

“Bantuan ini disalurkan melalui posko-posko induk yang tersebar di berbagai wilayah, seperti rumah jabatan Bupati Konawe dan Bupati Konut yang bekerjasama dengan BNPB Provinsi Sultra, BPBD Kabupaten Konawe, BPBD Kabupaten Konut serta Korem 143/Halu Oleo,” jelasnya.

Baca Juga:  Konsel Mulai Banjir, Pelayanan Kesehatan Puskesmas Ranomeeto Barat Terganggu

Ia berharap, bantuan tersebut membantu dan mengurangi beban masyarakat setempat yang menjadi korban banjir.

“Ini bentuk kepedulian kami berserta BUMN lainya terhadap sesama,” tutupnya.

Banjir di Kabupaten Konawe, merendam enam kecamatan yaitu Kecamatan Sampara, Pondidaha, Wonggeduku, Wonggeduku Barat, Routa dan Kecamatan Latoma. Sedangkan, banjir Kabupaten Konut merendam Kecamatan Andowia, Asera, Landawe, Langgikima, Kecamatan Oheo dan Kecamatan Wiwirano.(b)

Penulis: Yeni Marinda
Editor: Kas

NEWS FEED