oleh

dr. Sunandar: Katakrospik Dapat Dicegah dengan Budayakan Hidup Sehat

PENASULTRA.COM, BOMBANA – Kepala Dinas Kesehatan (Kadinkes) Kabupaten Bombana dr. Sunandar menyebut penyakit berbahaya seperti Katakrospik dapat dicegah dengan cara membudayakan pola hidup sehat seperti menghindari merokok, minuman keras, makanan cepat saji, makanan instan, konsumsi gula dan garam berlebihan.

Kemudian, menghindari konsumsi makanan karbohidrat tinggi, juga stres. Dan setiap hari lakukan aktifitas minimal setengah jam serta lakukan cek-up darah setiap enam bulan terakhir.

“Sekarang penyakit tersebut disebabkan karena pola hidup masyarakat yang kurang teratur sehingga wabah penyakit Katakrospik semakin tinggi jumlahnya,” kata Sunandar di ruang kerjanya, Rabu 27 Desember 2018.

Baca Juga:  Warga Pemilik Lahan Ancam Blokir Aktivitas PT Tambang Bumi Sulawesi

Mantan Direktur RSUD Bombana itu mengungkapkan, sejak 2000 an, penyakit yang mendominasi di wilayah kabupatena Bombana khususnya di Indonesia adalah jenis penyakit infeksi. Namun saat ini muncul penyakit non-infeksi atau disebut Katakrospik.

Ia menjelaskan, penyakit Katastropik adalah penyakit-penyakit yang komplikasinya dapat mengancam jiwa, jumlahnya banyak, berisiko tinggi dan biayanya besar. Kata dia, beberapa penyakit yang masuk kategori ini seperti hipertensi, penyakit jantung, stroke, ginjal, diabetes melitus, kelainan darah, kanker dan lain sebagainya.

Baca Juga:  Penerima Beasiswa Gembira Cerdas Didominasi Mahasiswa dari Sultra

“Untuk itu, pola hidup sehat perlu ditanamkan mulai dari anak-anak agar menjadi kebiasaan saat dewasa. Pencegahan menjadi sangat penting karena saat terjangkit penyakit Katastropik diperlukan biaya yang besar dan proses yang lama untuk perawatan,” jelasnya.(b)

Penulis: Zulkarnain
Editor: La Basisa

NEWS FEED