oleh

Evaluasi Program NAHP, World Bank Nilai Rumah BSPS di Sultra Penuhi Aspek

PENASULTRA.CON, KONAWE SELATAN – Consultant Engineering Aspek Teknis Bank Dunia (World Bank) lakukan monitoring dan evaluasi unit rumah Bantuan Stimulan Perumahan Swadaya (BSPS) yang ada di Kabupaten Konawe dan Konawe Selatan, Jumat 17 Januari 2020.

Monitoring dan evaluasi program National Affordable Housing Program (NAHP) ini dilakukan untuk bahan penetapan kebijakan program di tahun 2020.

Consultant Engineering Aspek Teknis Perwakilan World Bank, Eduardi Prahara mengatakan, sebanyak 50 unit rumah dijadikan sampel dalam pelaksanan monitoring dan evaluasi.

“Dengan cara melakukan wawancara, penilaian struktur pondasi, sloof, kolom, ringbalk, MCK. Selain itu bantuan NAHP tidak hanya sekedar memberikan bantuan saja, tetapi menghitung kualitas bangunan,” tuturnya.

Dari 50 unit rumah yang dikunjungi, tambah Eduardi, secara umum semua aspek terpenuhi. Hanya beberapa harus ditingkatkan, seperti kualitas dimensi kolom bangunan.

“Tentu saya berharap kedepanya kesiapan masyarakat perlu ditingkatkan lagi serta kemanpuan tukang agar nantinya lebih memahami aturan serta mempertahan kualiatas bangunan,” harapnya.

Untuk diketahui, BSPS merupakan salah satu program pemerintah pusat melalui Kementrian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (Kemenpupera) yang bekerja sama dengan Bank Dunia. Program kerja sama ini direalisasikan melalui program NAHP.

Penulis: Nobel
Editor: Faisal

NEWS FEED