oleh

Fakta Apa Rumor? Berikut Penjelasan Ketik BFF di Facebook

Pesona Kota Kendari

PENASULTRA.COM, JAKARTA – Raksasa jejaring media sosial, Facebook baru-baru ini dihantam krisis akibat kebocoran data. Terkait hal itu, ada saja oknum jahil yang memanfaatkannya. Hal ini juga turut diramaikan dengan postingan di Facebook tentang cara mengecek keamanan akun pribadi.

“Mark Zuckerberg, CEO Facebook, menemukan kata BFF, untuk memastikan akun Anda aman di Facebook. Ketika BFF di komentar, Jika terlihat hijau, akun anda dilindungi. Jika tidak muncul dalam warna hijau, ubah kata sandi Anda segera karena mungkin diretas oleh seseorang. #copied.”

Postingan tersebut langsung menyebar dan banyak pengguna Facebook terpancing dengan mengikuti untuk mengetik kata “BFF” di kolom komentar, sesuai dengan ‘petunjuk’ tersebut.

Baca Juga:  Seorang Ustad Diamankan Polisi

Salah satu pengguna Facebook nampak turut menyebar dengan memposting di sebuah grup forum Facebook. Postingannya pun langsung mendapat seribu lebih reaksi dan tiga ribu komentar.

Hasilnya, ada yang teks “BFF” nya berwarna hijau dan juga ada yang berwarna hitam.

Lantas benarkah warna hitam akun menjadi tidak aman? Tentu saja tidak. Sebab, postingan tersebut adalah tidak benar.

Sebagai pengguna Facebook, tentu kita jangan mentah-mentah menerima informasi demikian. Harus diteliti untuk memastikan kebenarannya.

Jadi mengapa ada tulisan pengguna yang berwarna dan tidak hal tersebut dikarenakan metode yang katanya untuk mengecek keamanan ini sesungguhnya hanyalah sebuah fitur milik Facebook yang dinamai Text Delight yang baru saja diluncurkan pada tahun lalu.

Baca Juga:  Status Akun Kudus Muharam yang Singgung Pendemo Tewas Picu Reaksi Warganet

Fitur Text Delight merupakan cara Facebook agar sebuah tulisan pada status ataupun komentar lebih bervariasi dan berwarna. Sehingga ketika pengguna menuliskan kata tertentu seperti “Bff”, “Rad”, “LMAO”, “Thank You So Much”, “Congratulations atau Congrats’, atau kata “You Got This”, maka otomatis kata-kata tersebut akan berubah warna dan juga ada efek animasi.

Nah, bagi kalian yang tulisannya masih berwarna hitam, kemungkinan besar karena kalian belum update versi Facebook terbaru.(b)

Sumber: detikINET
Editor: Mochammad Irwan

Komentar

NEWS FEED