oleh

FEB UHO Sosialisasikan Teknik Pemasaran Usaha Pengasapan Ikan

Pesona Kota Kendari

PENASULTRA.COM, KENDARI – Civitas akademik Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) Universitas Halu Oleo (UHO) menggelar kegiatan penyuluhan peningkatan pendapatan usaha pengasapan ikan ibu-ibu rumah tangga di Desa Lalonggasu Meeto, Kecamatan Lolonggasu Meeto, Kabupaten Konawe beberapa waktu lalu.

Dekan FEB UHO, Hj. Rostin mengatakan, penyuluhan yang dilakukan merupakan wujud dari pengabdian masyarakat. Hal itu dilakukan agar kemampuan ibu-ibu rumah tangga dalam pengasapan ikan dan memasarkan hasilnya lebih meningkat.

Ia menilai, ibu-ibu rumah tangga di Desa Lalonggasu Meeto memiliki peran dalam peningkatan ekonomi keluarga dengan cara mengembangkan usaha pengasapan ikan. Namun pihaknya menilai, produksi yang dihasilkan masih dijual sendiri di pasar-pasar tradisional sehingga belum terkenal di masyarakat.

Baca Juga:  Tim KKN Tematik FEB UHO Dorong Pendapatan Nelayan Desa Sorue Jaya

“Jadi masih terbatas orang yang tahu. Padahal kualitas hasilnya itu bagus dan ikannya juga bagus,” ungkap Hj Rostin saat dijumpai di ruang kerjanya, Senin 3 Desember 2018.

Untuk itu, pihaknya mengenalkan kepada masyarakat, khususnya ibu-ibu rumah tangga terkait teknik pemasaran pengasapan ikan dengan cara pembuatan kemasan dengan label.

Baca Juga:  Hijaukan Lingkungan FEB UHO, Mahasiswa Tanam Pohon Langka

Menurutnya, dengan menggunakan kemasan berlabel, produksi yang dihasilkan bisa lebih dikenal masyarakat baik lokal maupun nasional. Disisi lain, ikan yang diproduksi juga dapat mencapai tingkat pemasaran yang lebih luas.

“Dengan penyuluhan ini, kegiatan pengasapan dan pemasaran ikan asap ibu-ibu rumah tangga di Desa Lalonggasu Meeto akan semakin berkembang ke arah yang lebih efektif dan efisien,” pungkasnya.(b)

Penulis: La Ode Muh. Faisal
Editor: Ridho Achmed

NEWS FEED