oleh

Gandeng BNI, Pangdam Hasanuddin Serahkan 1000 Paket Bantuan Pada Pelaku UMKM di Sultra

-Pena Kendari-551 views

PENASULTRA.COM, KENDARI – Dalam rangka Pembimbingan dan Pendampingan Ekonomi Kerakyatan, Panglima Komando Daerah (Pangdam) XIV/Hasanuddin, Mayor Jenderal TNI Andi Sumangerukka, bekerjasama dengan Bank BNI 46 Persero Tbk memberikan Modal Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) di wilayah Kota Kendari, Sulawesi Tenggara (Sultra).

Pemberian bantuan tersebut setelah melihat banyaknya pelaku UMKM di Sultra yang terpaksa menutup usahanya kerena adanya pandemi virus corona atau Covid-19.

Tak tanggung-tanggung, Pangdam Hasanuddin memberikan bantuan modal kepada 1000 pelaku UMKM di Sultra.

“Perlu kita sadari bersama, situasi ini tidak hanya terjadi di Provinsi Sulawesi Tenggara tetapi di seluruh wilayah Indonesia, bahkan sekitar 215 negara di dunia mengalami kondisi yang sama,” kata Andi Sumangerukka usai memberikan bantuan modal ke pelaku UMKM secara simbolis di Makorem 143/HO, 24 Agustus 2020.

Mayjen Andi Sumangerukka mengatakan, pihaknyaa akan terus memberikan bantuan serupa kepada para pelaku UMKM lainnya di Sultra yang saat ini belum tercover.

“Kalau sekarang 1000 kita berharap minggu depan bisa 2000 atau 3000,” ungkap Pangdam.

Menurutnya, para pelaku UMKM akan diberikan pendampingan dalam menjalankan usahanya, sehingga dapat meminimalisir kesalahan dalam memanagemen usaha.

“Para pelaku UMKM akan didampingi oleh Babinsa, Koramil dan pihak bank penyalur yakni BNI. Kami juga akan memberikan reward kepada para pendamping bila pelaku usaha yang mereka bimbing bisa bergerak lebih maju.” ujar Andi Sumangerukka.

Ia berharap, bantuan ini dapat dimanfaatkan dengan baik oleh penerimanya sehingga dapat meningkatkan perekonomiannya ditengah pandemi Covid-19.

Ditempat yang sama, Kepala Kantor Wilayah (Kakanwil) BNI Makassar, Hadi Santoso mengatakan, bantuan permodalan yang diberikan yakni sebesar Rp2 juta per pelaku UMKM.

“Ini tanpa Anggunan. Apabila bisnis bapak berkembang, maka bisa kami perbesar pemodalannya. Sesuai dengan yang diarahkan oleh bapak Pamgdam beliau ingin bapak-bapak ini bisa menjadi pengusaha besar dari usaha yang kecil,” beber Hadi.(b)

Penulis: Husain

NEWS FEED