oleh

Guru dan Staf SD Di Kendari Dilatih Olah Data Menggunakan Microsof Excel

Pesona Kota Kendari

PENASULTRA.COM, KENDARI – Dosen Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA) Universitas Halu Oleo (UHO) gelar pelatihan penggunaan microsoft excel kepada guru dan staf SDN 16 dan SDN 61 Kendari, Kamis 24 Oktober 2019.

“Kali ini kita melakukan pengabdian dengan mengedukasi para guru SD di Kota Kendari untuk memperkenalkan pengolahan data menggunakan microsoft excel,” kata Ketua Tim Pembimbing Pengabdian Kepada Masyarakat FMIPA UHO, DR Muh Kabil Djafar MSi.

Ia menyebutkan, materi yang diberikan dalam pelatihan ini antara lain terkait fungsi aritmetika, fungsi pembacaan tabel, fungsi logika, fungsi string, serta visualisasi atau penyajian data.

Baca Juga:  Dekan MIPA UHO Diminta Mendukung Aktifitas Lembaga Mahasiswa

Dengan materi tersebut, kata Dr Kabil, staf administrasi dan guru diberikan pemahaman dasar-dasar penggunaan microsoft excel yang dinilai sangat efektif untuk mempermudah pengolahan data siswa.

“Sasarannya yang ingin dicapai yaitu peserta pelatihan bisa mengaplikasikan ilmu pengetahuan yang diajarkan oleh pembimbing pengabdian, sehingga guru tersebut bisa mengolah data di sekolah masing-masing,” ucap Dr Kabil.

Baca Juga:  FMIPA UHO Latih Masyarakat Nambo Kelola Limbah Air Kelapa

“Harapannya kedepan, pengabdian kepada masyarakat lebih ditingkatkan lagi dengan menghadirkan konsep yang sangat membantu dan mempermudah masyarakat dalam memanfaatkan teknologi yang ada,” pungkasnya.

Sementara itu, salah seorang guru SDN 16 Kendari, Sukri menilai, pelatihan olah data yang diberikan dapat membantu guru-guru, khusnya dalam penulisan rapor siswa.

“Rumus-rumus dalam mengerjakan rapor seperti menghitung, menjumlahkan, bahkan membagi agar dibuatkan rumusnya, supaya mempermudah kami mengolah data,” tutur Sukri.

Penulis: Faisal

NEWS FEED