oleh

Ini Pesan AHY Dalam Kuliah Umum di IAIN Kendari

Pesona Kota Kendari

PENASULTRA.COM, KENDARI – Direktur The Yudhoyono Institute (TYI), Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) berpesan kepada para muda mudi di Sulawesi Tenggara (Sultra) untuk sejak dini mempersiapkan diri dengan sebaik-baiknya, sebab, akan ada banyak tantangan perlu diantisipasi pada masa mendatang.

“Kita harus menjadi bangsa yang adaptif yang memiliki kemampuan untuk melihat jauh kedepan. Untuk itu kita perlu persiapan yang baik. Mari kita pandai-pandai untuk melihat peluang dan tantangan abad 21 bagi indonesia dan dunia,” kata AHY saat menyampaikan materi kuliah umum di Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Kendari, Jumat 4 Mei 2018.

Baca Juga:  Jokowi: Saya Juga Dulu Penerima UMi

Menurutnya, ada banyak ancaman bagi para generasi muda. Artificial Intelligence atau kecerdasan buatan misalnya.

Ia melihat, kecerdasan buatan akan menjadi tantangan terhadap produktivitas serta lapangan kerja manusia kedepan.

“Sekarang zaman semakin canggih dan modern. Salah satu kecerdasan buatan yakni robot yang sangat mirip dengan manusia. Bahkan sudah ada robot yang didesain bisa merasakan sedih, bahagia dan lain-lain,” ungkap AHY.

Saat ini kata dia, zaman sudah semakin canggih dan modern, manusia tidak dapat menghentikannya.

Ia menghimbau, agar generasi muda dapat mengimbangi perkembangan zaman tersebut.

“Kedepan akan ada banyak kompetitor. Kita harus siap mengikuti perkembangan zaman, beradaptasi dengan segala perubahan,” ujarnya.

Baca Juga:  RSUD Bahteramas Luncurkan Pusat Pelayanan Ambulance

Untuk beradaptasi dengan perkembangan zaman, generasi muda harus yakin, percaya diri dan memiliki keberanian.

“Yakin bahwa kita punya kapasitas. Tidak boleh minder dan tunjukkan kepada dunia bahwa generasi muda indonesia punya kapasitas yang hebat,” tambahnya.

“Anak muda juga harus berani. saat jatuh bangun lagi. percaya diri dan yakin, jangan menyerah. Karena seorang pemuda yang berjiwa pemimpin diukur dari seberapa cepat ia bangkit ketika ia jatuh dan gagal,” tutupnya.(b)

Penulis: Yeni Marinda
Editor: La Ode Kasmilahi

Komentar

NEWS FEED