oleh

Jelang Pelaksanaan UAS, UT Kendari Siapkan Lokasi Ujian di Kabupaten Kota

PENASULTRA.COM, KENDARI – Jelang pelaksanaan Ujian Akhir Semester (UAS) tahun 2019 ini Universitas Terbuka (UT) Kendari mulai melakukan sejumlah persiapan. Salah satunya penyiapan lokasi ujian di seluruh kabupaten dan kota yang ada di Sulawesi Tenggara (Sultra).

Koordinator Penanggungjawab Bidang Registrasi dan Pengujian UT, LM. Ruspan Takasi mengatakan, UAS akan dilaksanakan selama dua hari, yakni Minggu 8 dan 15 Desember 2019. Dalam pelaksanaan UAS tersebut, lanjut dia, pihaknya bekerja sama dengan pemerintah daerah setempat sehingga lokasi ujiannya di gedung SMA/SMK yang ada di daerah masing-masing mahasiswa.

“Ujiannya dilaksanakan hari Minggu atau hari libur supaya tidak menghalangi aktivitas para mahasiswa, khususnya yang pegawai. Karena kebanyakan juga dari mahasiswa ini merupakan guru. Dan kita gunakan gedung SMA untuk melaksanakan ujian. Kalau di Kendari itu kita laksanakan di SMKN 1. Kalau di Muna kita laksanakan di SMAN 1 Raha,” beber Ruspan saat ditemui di ruang kerjanya Jumat, 15 November 2019.

Selain penyiapan lokasi, kata Ruspan, pihaknya juga memberikan pembekalan kepada guru-guru di sekolah yang akan menjadi pengawas dalam UAS tersebut. Dalam pembekalan itu, pihak UT akan memberikan pemahaman tentang bagaimana cara mengawasi ujian sesuai dengan prosedur di UT.

Adapun jumlah mahasiswa yang bakal menjalani UAS sebanyak 4500 lebih. Mereka berasal dari seluruh kabupaten dan kota se Sultra.

“Terdiri dari berbagi jurusan, mulai dari Pendidikan Dasar (Pendas) dan non Pendas. Pelaksanaan UAS ini juga akan dipantau langsung UT pusat,” ujar Ruspan.

Untuk diketahui, di Kampus UT ini terdiri dari empat fakultas yakni Fakultas Hukum, Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (FISIP), Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA) serta Fakultas Ekonomi (Fekon). Dari empat fakultas itu terdiri 34 jurusan/program studi. Di antaranya, Ilmu Pemerintahan, Ilmu Hukum, Ilmu Komunikasi, Administrasi Negara, Keguruan dan lainnya.(b)

Pengurus: La Ode Husaini
Editor: Ridho Achmed

NEWS FEED