oleh

Jembatan Sementara Pohara Sudah Difungsikan

Pesona Kota Kendari

PENASULTRA.COM, KENDARI – Jembatan sementara yang dibangun di Desa Rawua, Kecamatan Pohara Kabupaten Konawe Sulawesi Tenggara kini sudah bisa difungsikan, Rabu 31 Juli 2019.

KU TU PPK Balai Pelaksana Jalan Nasional (BPJN) XXI Kendari, Suprianto mengatakan, jembatan pohara ini akan digunakan hingga Desember 2019 mendatang.

Saat ini kata dia, pihaknya sedang melakukan lelang pengerjaan jembatan permanen yang kemungkinan awal Agustus 2019 sudah ada pemenangnya.

“Alhamdulilah hari ini sudah bisa difungsikan. Panjangnya 69 meter, hanya satu arah dan yang lewat maksimum 15 ton. Kami awalnya target jembatan ini selesai dalam 10 hari, tapi meleset dari perkiraan,” kata Suprianto saat diwawancara usai peresmian jembatan Pohara oleh Dirlantas Polda Sultra, Rabu 31 Juli 2019.

Baca Juga:  Ali Mazi Porsikan Bantuan 358 Rumah Untuk Warga Mubar

Untuk pembangunan jalan permanen yang menghubungkan Kota Kendari dan beberapa Kabupaten di Sulawesi Tenggara (Sultra) serta Provinsi Sulawesi Tengah (Sulteng) dan Sulawesi Selatan (Sulsel) itu diestimasi akan menelan biaya sebesar Rp19,7 miliar.

“Nanti panjangnya 125 meter. Kita akan buat perkuatkan bor ringan (boring) sedalam 18 meter. Diatasnya ada dinding penahan tanah. Sebelahnya ada lokasi yang ditangani oleh balai wilayah sungai (BWS),” bebernya.

Baca Juga:  Ali Mazi Himbau Pemuda Untuk Tidak Lupakan Sejarah

Rencana pembangunan jalan permanen yang berada tepat dibibir sungai Pohara ini akan tetap pada posisi eksisting (posisi awal).

“Sebelum Desember kita akan lakukan pemindahan pipa PDAM sekitar 5 hingga 6 meter agar tidak mengganggu pengerjaan jalan. Pihak PDAM minta waktu dua hari untuk pemindahan. Jadi mungkin selama dua hari itu air tak mengalir,” tutupnya.

Untuk diketahui, pembangunan jembatan sementara ini dilakukan karena beberapa bulan lalu jalan nasional itu mengalami longsor yang menyebabkan jalan rusak parah.(b)

Penulis: Yeni Marinda
Editor: Kas

NEWS FEED