oleh

Kemendikbud Gelar Nobar Film Pendidikan Karakter Anak di Wakatobi

Pesona Kota Kendari

PENASULTRA.COM, WAKATOBI – Kemendikbud RI menggelar nonton bareng (Nobar) film pendidikan karakter anak di Wakatobi, Kamis, 8 November 2018. Ratusan guru tingkat SD dan SMP se Wakatobi nampak memadati arena nobar.

Nobar film ‘Ada Surga Di Rumahmu’ yang diberi tema Pendekar Inspiratif 2018 ini dinilai sebagai penguat pendidikan karakter.

Film yang dibintangi Husen Alatas Nina Septian tercipta atas kerja sama Kemendikbud dengan Pemda Wakatobi.

Kasubdit Internalisasi Nilai Sejarah, Kemendikbud RI, Edi Suwardi dalam sambutannya menyampaikan, tujuan pemutaran film ini untuk menumbuhkan karakter anak mencintai tanah air dan bangsanya. Sebagai anak Wakatobi bisa memajukan dan menjaga kekayaan budaya.

“Wakatobi sebagai salah satu top 10 destinasi pariwisata harus menyiapkan generasi yang memiliki mental yang baik,” ujar Edi di hadapan para guru.

Baca Juga:  Bina Silaturahmi, Staf dan Management Bandara Haluoleo Gelar Nobar Liga Champions

Film yang bernuansa pendidikan karakter ini, katanya bisa digunakan lembaga pendidikan sebagai media pembelajaran alternatif agar anak didik tidak cepat bosan.

“Kami berharap dengan kegiatan ini para guru bisa lebih kreatif dalam melakukan penguatan karakter anak didiknya di sekolah,” tuturnya.

Sementara itu, Bupati Wakatobi, Arhawi mengatakan, dalam film tersebut ada kesan moral yang perlu dicontoh para guru dalam mendidik siswa di bangku pendidikan. Salah satunya, keberanian guru memintah maaf kepada anak didik.

Menurutnya, hal ini sangat penting dilakukan para guru dalam membentuk karakter anak didik.

Baca Juga:  Diduga Langgar Aturan, Arhawi Ditegur KASN

Ia menilai, pendidikan karakter sangat perlu dimasukan sebagai muatan lokal.

“Jadi kegiatan Kemendikbud ini sangat konek dengan dunia pendidikan di Wakatobi. Terutama membentuk akhlak anak didik. Dalam Perda Nomor 10 Tahun 2012 tentang baca tulis Al-Quran semua sekolah akan diwajibkan siswanya bisa membaca Al-Quran. Langkah awal kami telah melaunching 1000 anak sebagai duta baca tulis Al-Quran,” terangnya.

Dia berharap agar guru mampu berbuat untuk mendidik anak serta mengembangkan karakter anak dengan nilai iman dan taqwa serta mencintai tanah air dan bangsanya.(b)

Penulis: Deni La Ode Bono
Editor: Ridho Achmed

NEWS FEED