oleh

KKN Tematik FKIP UHO Kembangkan Pembelajaran Berbasis Lingkungan

Pesona Kota Kendari

PENASULTRA.COM, KONAWE – Mahasiswa Kuliah Kerja Nyata (KKN) Tematik Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) UHO di Kelurahan Soropia, Kecamatan Soropia, Kabupaten Konawe pada 22 Agustus 2019 resmi ditarik.

Salah satu fokus kegiatan mahasiswa KKN FKIP selama di Soropia berupa pengembangan model pembelajaran kontekstual berbasis lingkungan. Pengembangan model pembelajaran itu bagian dari pengabdian mahasiswa kepada masyarakat.

“Ide pengembangan model pembelajaran kontekstual berbasis lingkungan itu karena kawasan Soropia dan sekitarnya merupakan wilayah pesisir yang menjadi salah satu destinasi wisata Sultra,” kata salah satu dosen pembimbing KKN Tematik FKIP UHO Pendais Haq melalui pesan WhatsAppnya, Sabtu 24 Agustus 2019.

Baca Juga:  Mahasiswa Ilmu Politik UHO Libatkan Diri Jadi Tim Pemantau Pemilu

Dengan begitu, tambah dosen Pendidikan Sejarah ini, siswa harus diberikan suatu bentuk guidance dan kesadaran mengelola keberlanjutan lingkungannya yang dapat mendukung posisinya sebagai kawasan wisata.

Model pembelajaran tersebut dikemas dalam bentuk workshop yang melibatkan guru-guru SMP, MTs, SMA, dan MAN se Kecamatan Soropia. Pelaksanaan workshop itu, masih kata Pendais, dilaksanakan selama dua hari dan dipusatkan di Aula SMP Negeri Soropia.

Baca Juga:  Kajur Matematika UHO Ajak Mahasiswa Berperan Aktif Hadapi Revolusi Industri

“Selain workshop, mahasiswa KKN juga mengajak pemuda dan masyarakat kelurahan Toronipa untuk menjaga lingkungan melalui bentuk kampanye melalui kerjan bakti bersih pantai dan pemasangan baliho “kampanye pantai Toronipa bersih” pada beberapa titik di kawasan wisata pantai,” pungkas Ketua Jurusan Pendidikan Sejarah FKIP UHO itu.(b)

Penulis: Bas
Editor: Ridho Achmed

NEWS FEED