oleh

KPU Konut Bentuk Relawan DPB

-Pena Daerah-155 views

PENASULTRA.COM, KONUT – Relawan Data Pemilih Berkelanjutan (DPB) Kabupaten Konawe Utara (Konut) resmi terbentuk. Relawan DPB ini dibentuk Komisi Pemilihan Umum (KPU) setempat, Rabu, 16 Juni 2021 di aula Oheo Kantor KPU Konut.

Koordinator Divisi Perencanaan Data dan Informasi KPU Konut, Yusdiana, menjelaskan pemuktahiran DPB merupakan amanat Undang-undang Nomor 7 tahun 2017 tentang pemilihan Umum.

Dimana, dalam pasal 14, 17 dan pasal 20 mengatakan bahwa salah satu kewajiban KPU RI, KPU Provinsi dan Kabupaten/Kota yakni melakukan pemutakhiran dan memelihara data pemilih secara berkelanjutan dengan memperhatikan data kependudukan sesuai ketentuan peraturan perundang-undangan.

Di Kabupaten Konut, relawan DPB dibentuk berdasarkan ikhtiar KPU setempat. Relawan DPB itu tersebar di 13 Kecamatan. Para relawan merupakan mantan penyelenggara pemilihan ditingkat kecamatan maupun kelurahan / desa. Mereka sukarela bersedia membantu KPU Konut dalam melakukan Pemutakhiran Data Pemilih Berkelanjutan .

“Semoga ikhtiar ini bisa memberi kontribusi yang positif dan bagi masyarakat Konawe Utara yang telah memenuhi syarat namun belum terdaftar sebagai pemilih atau telah terdaftar tapi tidak lagi memenuhi syarat sebagai pemilih serta pemilih yang mengalami berubahan data pemilih dapat menyampaikan atau menghubungi relawan DPB,” ungkap Yusdiana, Jumat, 18 Juni 2021.

Yusdiana menambahkan Daftar Pemilih berkelanjutan atau DPB adalah daftar pemilih yang merupakan hasil dari pemutakhiran data pemilih yang dilakukan secara berkelanjutan. Seperti menambahkan pemilih baru yang belum terdaftar, mencoret pemilih yang sudah tidak memenuhi syarat dan perubahan elemen data pemilih secara berkelanjutan. Kegiatan ini dilakukan guna mempermudah proses pemutakhiran data dan penyusunan daftar pemilih pada Pemilu/Pemilihan selanjutnya.

Selain membentuk relawan DPB, KPU Konut juga kerap berkoordinasi dengan para pihak atau stakholter dalam rangka memaksimalkan pemuktahiran data pemilih berkelanjutan. Bagi masyarakat yang mengalami perubahan data pemilih dapat menyampaikan atau menghubungi Relawan DPB di masing-masing kecamatan. Atau dapat juga melaporkan perubahan datanya melalui link http://bil.ly/DPBKPUKONUT.

Penulis: Tim Redaksi

 

Komentar

NEWS FEED