oleh

Kukuhkan SDC, Sulkarnain Optimis Tekan Angka Pengangguran di Kendari

-Pena News-318 views

PENASULTRA.COM, KENDARI – Wujudkan kota layak huni, Pemerinta Kota (Pemkot) Kendari mengkukuhkan Forum Skill Development Center (SDC) Kendari di Same Hotel Kendari, Sabtu 28 Desember 2019.

Walikota Kendari, Sulkarnain Kadir mengatakan, hadirnya Forum SDC membuat dirinya optimis dapat menekan angka pengangguran di Kota Kendari.

Apalagi, SDC merupakan forum yang melibatkan stakeholder terkait antara pemerintah, dunia usaha dan dunia industri serta lembaga pendidikan vokasi, yang bertujuan meningkatkan kompetensi sumber daya manusia (SDM) dan dapat menekan angka pengangguran.

“Nanti forum ini dapat memetakan data masyatakat yang belum bekerja. By name (nama), by address (alamat), by phone (nomor hp). Melihat kebutuhan tenaga kerja untuk dunia usaha dan industri serta jabatan atau keterampilan yang dibutuhkan sehingga kita dapat menentukan jenis pendidikan dan vokasi yang dibutuhkan,” kata Sulkarnain usai mengukuhkan SDC.

Menurut Ketua DPD PKS ini, berdasarkan data Badan Pusat Statistik (BPS) 2018, jumlah angkatan kerja Kota Kendari atau penduduk usia produktif (15-64 tahun) yang sudah mempunyai pekerjaan tetapi sementara tidak bekerja, maupun yang sedang aktif mencari pekerjaan mencapai 166.602 orang.

Sedangkan jumlah bukan angkatan kerja atau penduduk yang berumur 10 tahun ke atas yang kegiatannya hanya bersekolah, mengurus rumah tangga dan sebagainya mencapai 9.141 orang.

“Dari jumlah angkatan kerja, jika diteliti lebih jauh, yang bekerja 154.567 orang dan pengangguran terbuka berjumlah 12.305 orang atau 7,22 persen,” bebernya.

“Forum ini jangan dipandang sebagai acara ceremonial saja. Saya optimis Forum SDC dapat menekan angka pengangguran di Kendari. Data dari SDC nanti akan menunjuk masalah yang harus mendapat solusi serta penanganan yang cepat,” tutupnya.

Untuk diketahui, dalam pengukuhan ini, Kepala Dinas Tenaga Kerja dan Perindustrian Kota Kendari, Benyamin Salempang terpilih sebagai Ketua Forum SDC Kota Kendari.

Penulis: Clara Sinthia
Editor: Yeni Marinda

NEWS FEED