oleh

La Ode Azhar: Maraknya Begal Perlu Peran Pemerintah

Pesona Kota Kendari

PENASULTRA.COM, KENDARI – Peristiwa begal yang terjadi selama beberapa minggu terakhir di Kota Kendari menjadi fenomena yang membuat masyarakat takut.

Meskipun beberapa pelaku sudah ada yang ditangkap oleh pihak kepolisian, masyarakat masih merasa khawatir untuk berpergian khususnya di malam hari.

Melihat hal itu, Anggota Komisi I DPRD Kendari, La Ode Azhar mengatakan, peristiwa kejahatan ini menandakan perlu dan pentingnya peran pemerintah guna mengantisipasi maraknya tindakan tersebut.

“Kita ketahui pelakunya rata-rata anak-anak terlantar dan usianya dibawah umur, sehingga perlu kiranya peran pemerintah membersihkan para anak terlantar tersebut,” kata La Ode Azhar, Selasa 25 Juni 2019.

Baca Juga:  HMI Minta DPRD Kendari Tidak Kompromi dengan KFC

Menurutnya, pihaknya tak begitu mengetahui persis apakah aksi pembegalan tersebut merupakan dampak dari daerah berkembang atau ada faktor ekonomi serta banyaknya pengangguran dan anak terlantar.

“Jadi begal ini harus disikapi secara bijak oleh semua elemen dan dari masyarakat harus lebih waspada ketika keluar rumah,” ujarnya.

Disisi lain, kata politisi partai Golkar ini, Anggota DPRD Kota Kendari turut mengapresiasi tindakan cepat pihak kepolisian dalam menangkap para pelaku begal itu.

Baca Juga:  Ketua DPRD Kendari Bersih-bersih Drainase bersama Warga Bende

“Kita patut bersyukur sebagian pelaku begal sudah ada yang ditangkap, kita tidak perlu khawatir lagi karena pelakunya sudah ditangkap oleh pihak kepolisian,” ungkapnya.

Dengan beberapa kasus begal yang terjadi, Azhar berharap kerjasama semua pihak untuk menyikapi dan memberikan solusi dari masalah tersebut. Sebab, masalah terpenting adalah bukan mencari solusi semata melainkan agar peristiwa tidak terjadi lagi.

“Hal terpenting adalah jangan hanya saat pelaku beraksi atau setelah melakukan pembegalan baru dilaporkan. Mencegah itu lebih baik,” tutupnya.(b)

Penulis: Clara Sinthia
Editor: Yeni Marinda

NEWS FEED