oleh

Lantik DPC APDESI Konut, Ruksamin Harap Adanya Terobosan dan Inovasi

-Pena Style-149 views

PENASULTRA.COM, KONUT – Bupati Konawe Utara (Konut) Ruksamin resmi melantik pengurus Dewan Pimpinan Cabang (DPC) Asosiasi Pemerintah Desa Seluruh Indonesia (Apdesi) Kabupaten Konawe Utara periode 2022-2027 di aula Konasara Kabupaten Konawe Utara, Kamis 4 Agustus 2022.

Dalam kepengurusan ini, Asmudin Moita, dipercaya memimpin DPC Apdesi Kabupaten Konawe Utara untuk masa jabatan lima tahun mendatang.

Pelantikan pengurus Apdesi Kabupaten Konawe Utara yang dipimpin oleh Ketua DPD Apdesi Provinsi Sulawesi Tenggara (Sultra), Bapak H Tasman ini ditandai dengan penyerahan bendera Pataka Apdesi, penyematan PIN Apdesi dan penandatanganan berita acara pelantikan.

Kegiatan ini dihadiri oleh Wakil Bupati , Forkopimda, para kepala OPD, ketua dan pengurus DPC Apdesi se Sultra, Camat Desa dan Lurah serta Ketua BPD se Kabupaten Konawe Utara.

Bupati Konut Ruksamin dalam sambutannya mewakili pemerintah daerah dan masyarakat Konut mengucapkan selamat atas terpilihnya ketua dan pengurus DPC Apdesi Kabupaten Konawe Utara tahun 2022-2027.

Ia menjelaskan bahwa berdasarkan Index Desa Membangun (IDM) Kabupaten Konawe Utara tahun 2021 kita sudah berada di angka 0,6254 (status berkembang) dan menempati urutan ke delapan dari 17 kab/kota se Sultra.

“Bila dibandingkan masa pertama kali menjadi bupati tahun 2016 IDM kita berada di angka 0,5236 dengan status tertinggal menempati urutan paling akhir se Kabupaten/kota Sulawesi Tenggara. Peningkatan tersebut berkat kerjasama dengan pemerintah desa saat ini,” sambungnya.

Ia memberikan 4 arahan kepada pengurus Apdesi terpilih, yaitu:

  1. Pemberdayaan Aparatur Pemerintah dan lembaga-lembaga desa serta masyarakat pedesaan.
  2. Mencerdaskan masyarakat pedesaan melalui berbagai kegiatan-kegiatan.
  3. Menjalin kerjasama dengan lembaga Pemerintah maupun non Pemerintah untuk menciptakan masyarakat yang adil dan sejahtera serta pengelolaan percepatan pembangunan desa.
  4. Memperkuat posisi dan eksistensi desa sebagai pondasi pemerintah Indonesia sebagaimana tercantum dalam nawacita Presiden Joko Widodo yaitu pembangunan yang dimulai dari desa.

Bupati juga mengarahkan agar setiap desa ikut memeriahkan HUT RI ke 77 dengan penuh sukacita dengan menata desa sebaik mungkin.

Di akhir sambutannya bupati berharap masyarakat desa harus terus berinovasi dalam mengembangkan desa dan Pemerintah Daerah akan mendukung Inovasi masyarakat desa untuk mewujudkan Konasara (Konawe Utara Lebih Sejahtera dan Berdaya Saing).

“Dengan dikukuhkannya APDESI Konawe Utara maka saya menunggu terobosan dan inovasi dari kalian bagaimana memajukan Desa dan mensejahterakan masyarakat dan akan kami support dengan segala kemampuan yang ada,” tegas Bupati.

Sementara itu Ketua DPC Apdesi Kabupaten Konut, Asmudin Moita, menyampaikan terima kasih kepada para Kepala Desa se Kabupaten Konut yang telah mengamanahkan kepadanya untuk menjadi Ketua DPC Apdesi.

“Apdesi merupakan wadah komunikasi, koordinasi, dan mampu bersinergi membantu dan mendampingi pemerintah desa dalam melaksanakan program pembangunan desa dan ikut meningkatkan kualitas desa. Dengan terbentuknya DPC Apdesi ini dapat memberikan peran penting terhadap pembangunan daerah di Kabupaten Konawe Utara yang kita cintai, dengan cara menjalin kemitraan dengan pemerintah daerah dan lembaga non pemerintah dalam rangka percepatan pemberdayaan dan pembangunan desa yang disertai pengembangan konsep akuntabilitas organisasi baik secara internal maupun external,” ujar Asmudin.

Penulis: Redaksi

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Berita Terkait