oleh

Litbang Sultra Cepat Rilis Real Count, Rusda-Syafei Unggul

Pesona Kota Kendari

PENASULTRA.COM, KENDARI – Sejumlah lembaga survei telah merilis hitung cepat atau quick count hasil pemilihan gubernur Sulawesi Tenggara (Sultra), Rabu 27 Juni 2018.

Dari hasil quick count tersebut, pasangan nomor urut 1, Ali Mazi-Lukman Abunawas unggul atas dua rivalnya, Asrun-Hugua (Berkah) dan Rusda Mahmud-Syafei Kahar (RM-SK).

Kemenangan pasangan berakronim AMAN itu ternyata berbanding terbalik dengan hasil hitung yang diadakan Litbang Sultra Cepat. Dengan menggunakan perhitungan real count, pasangan Rusda-Syafei justru unggul dari pasangan AMAN dan Berkah.

Baca Juga:  Bicara Real Count, Asrun-Hugua Juga Klaim Menang di Pilgub Sultra

Wakil Ketua Tim Pemenangan RM-SK, Jaffray Bittikaka mengatakan, berdasarkan data sementara Litbang Sultra Cepat, dari suara yang masuk sebesar 20 persen pada pukul 18.16 Wita, pasangan RM-SK memperoleh suara sebesar 40 persen atau 71.848 suara. Sementara AMAN sebesar 38 persen atau 68.130 suara.

“Sedang nomor urut 2 yakni Asrun-Hugua (Berkah) sebesar 23 persen atau 41.715 suara,” katanya, Rabu 27 Juni 2018.

Menurutnya, hasil perhitungan sementara ini masih akan terus berubah menyusul masuknya suara di sejumlah TPS di beberapa daerah.

Baca Juga:  Kuasa Hukum KPU Sultra Siap 'Patahkan' Gugatan Rusda-Sjafei

“Kalau bisa ini malam atau besok sudah ada hasil realnya. Litbang Sultra Cepat akan terus update,” ungkapnya.

Ia menyebut, sampel yang digunakan atas real count tersebut berasal dari 814 dari total 4909 TPS yang berada di 17 kabupaten kota se-Sultra.

“Semua hasil survei yang dikeluarkan masing-masih tim survei punya pola dan cara dalam perhitungan. Tapi kami masih tetap yakin RM-SK menang,” pungkasnya.(a)

Penulis: Yeni Marinda
Editor: Ridho Achmed

Komentar

NEWS FEED