oleh

Mahasiswa Ilmu Politik UHO Libatkan Diri Jadi Tim Pemantau Pemilu

Pesona Kota Kendari

PENASULTRA.COM, KENDARI – Program Studi (Prodi) Ilmu Politik Universitas Halu Oleo (UHO) Fakultas Ilmu sosial dan Ilmu Politik (Fisip) lakukan kerjasama dengan Sulawesi Tenggara Demokrasi Monitoring (Sultra Demo) untuk ikut serta dalam mengawal pemilihan umum serentak 2019.

Kerjasama tersebut dilakukan dengan mengadakan pembekalan pemantau pemilu 2019 di Sultra yang diadakan di Aula Laki La Ponto Fisip UHO, Rabu 27 Maret 2019.

Ketua Prodi Ilmu Politik Fisip UHO, Dr. Najib Husein mangatakan, ia mendukung penuh kegiatan ini, apalagi mahasiswa ilmu Politik bukan kali pertama ikut andil mengikuti pesta demokrasi.

Baca Juga:  Mahasiswa KKN Reguler UHO Gelar Pertandingan Bola Voli dan Takraw di Lantari Jaya

“Dengan adanya pemantau pemilu ini, secara tidak langsung sangat mendukung kerja penyelengara pemilu. Karena jumlah mereka terbatas, mereka juga membutuhkan dukungan dari masyarakat,” tutur Dr. Najib Husein saat diwawancarai usai kegiatan pembekalan pemantau Pemilu 2019 di Sultra, Rabu 27 Maret 2019.

Menurutnya, kerjasama ini adalah pertama kali dilakukan oleh prodi politik Fisip UHO dengan lembaga di luar dari Universitas. Ini sengaja dilakukan agar jejaring yang baik dapat dihidupkan lagi di luar.

Baca Juga:  Rajab Jinik Pastikan Wilayah Kampus UHO Telah Kondusif

“Kami telah melakukan tiga kerja sama di beberapa lembaga, yakni Kompas, KIIP dan terahir ini Sultra Demo. Dengan adanya kerja sama ini, kita bisa turun langsung untuk memantau Suara-suara siluman yang menyebabkan kecacatan terhadap Suara,” jelasnya.

Dr. Najib berharap, mahasiswa tidak hanya memberikan hak suaranya melainkan berpartisipasi menjaga suara masyarakat.

“Untuk menjaga suara tersebut mahasiswa harus ikut memantau dalam pemilihan 2019 pada April mendatang,” tutupnya.(b)

Penulis: Bima Lotunani
Editor: Yeni Marinda

NEWS FEED