oleh

Mahasiswa Psikologi UHO Diberi Edukasi Penanganan Tindak Kekerasan PA

Pesona Kota Kendari

PENASULTRA.COM, KENDARI – Menanggapi media sosial yang akhir-akhir ini gencar menyuarakan kasus kekerasan terhadap perempuan dan anak, Sitti Minakarna K, Dosen Psikologi Universitas Halu Oleo (UHO) memberikan edukasi penanganan tindak kekerasan pada perempuan dan anak (PA) kepada mahasiswa.

Sitti mengatakan, kegiatan ini dilatar belakangi oleh kasus perempuan dan anak yang menjadi sorotan dimedia sosial. Menurutnya, media sosial yang mendominasi adalah facebook dan instagram.

“Kalau bukan anak yang menjadi korban bully, anak yang menjadi korban pelecehan dan kita sebagai orang psikologi tahu dampak negatif jangka panjangnya itu apa,” ucap Sitti setelah membawakan materi Seminar Forensik Psychology di Aula Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) UHO, Minggu 28 April 2019.

Baca Juga:  Psikologi UHO Buka Layanan Konseling Gratis

Minimnya pengetahuan mahasiswa terkait proses peradilan, hukum, penyidikan dan penanganan psikologi kasus tindak kekerasan terhadap perempuan dan anak, kata dia, menjadi target utama edukasi.

“Kebanyakan orang yang mengalami itu bingung. Beberapa yang saya tangani selalu bilang mereka bingung mau bagaimana. Malah justru orang lain yang mendesak malapor ke polisi,” ujarnya.

Baca Juga:  BEM FKIP UHO Gelar Dialog Kemahasiswaan

Ia berharap, kegiatan yang diadakan oleh Himpunan Mahasiswa Jurusan (HMJ) Psikologi UHO ini dapat dilakukan dengan skala yang lebih besar agar masyarakat secara umum juga bisa mendapatkan edukasi serupa.

“Berharapnya kalau ada ini ada juga sosialisasi, ada bentuk sosialisasi kepada masyarakat bahwa ternyata kalau ada kasus seperti itu harus kemana dulu. Misalkan mungkin bisa ke P2TP2A atau misalkan bisa ke polresnya atau kebagian psikologinya saja dulu,” tukasnya.(b)

Penulis: Luthfi Badiul Oktaviya
Editor: Yeni Marinda

NEWS FEED