oleh

Mahasiswa UHO Unjuk Gigi di Forum Nasional PMKI 2019

PENASULTRA.COM, SAMARINDA – Mahasiswa Fakultas Kehutanan dan Ilmu Lingkungan (FHIL) Universitas Halu Oleo (UHO) unjuk gigi di Samarinda Kalimantan Timur (Kaltim) dalam forum nasional.

Dia adalah Muh iksan, mahasiswa FHIL UHO yang juga Sekretaris Umum Pengurus Pusat Sylva Indonesia membawa sambutan dalam kegiatan pelatihan mahasiswa kehutanan Indonesia (PMKI) 2019.

Dalam sambutannya, Iksan menuturkan, PMKI adalah salah satu program kerja dari pengurus pusat Sylva Indonesia yang lahir pada saat rakernas Sylva Indonesia yang diselenggarakan di UHO Kendari.

Baca Juga:  Tingkatkan Literasi Keuangan, OJK Mengajar di UHO

“kegitatan PMKI ini adalah kegitan rutin Sylva Indonesia untuk bagaimana memperdayakan dan melatih mahasiswa kehutanan yang ada di Indonesia,” katanya, Kamis 25 April 2019.

Peran hutan di Indonesia, katanya, cukup beragam mulai dari peran dalam mitigasi perubahan kesejahteraan masyarakat, masalah deforestasi, degradasi hutan, kebakaran hutan hingga permasalahan konflik tenurial masyarakat sekitar hutan.

“Hal tersebut menjadi dasar kami sehingga dibutuhkannya sumber daya manusia yang berkompeten dalam bidang kehutanan,” tuturnya.

Ia berharap, dalam acara PMKI ini, pihaknya dapat melahirkan sosok rimbawan yang tertanam jiwa leadership, bertanggung jawab dalam mengawal pembangunan kehutanan di Indonesia.

Baca Juga:  Milenial GenBI 2018 Siap Cetak Pemimpin Berkarakter Tangguh

“Serta mampu berkontribusi dalam mewujudkan hutan lestari masyarakat sejahtera,” tutupnya.

Untuk diketahui, kegiatan tersebut dihadiri oleh Ir. Helmi Basalamah selaku Kepala BP2SDM KLHK, Dirjen BKSDAE KLHK yakni Ir. Wiratno. Kemudian Akademisi LPB Prof hariadi kartadihardjo, Pengurus Pusat Sylva Indonesia dan 23 Pengurus Cabang Sylva yang tersebar di seluruh Indonesia.(b)

Penulis: Bima Lotunani
Editor: Yeni Marinda

NEWS FEED