oleh

Mantan Pangdam XIV/Hasanuddin Figur yang Patut Diperhitungkan di Pilgub Sultra

-Pena Politik-474 views

PENASULTRA.COM, KENDARI – Mantan Panglima Kodam (Pangdam) XIV/Hasanuddin, Mayjen (Purn) Andi Sumangerukka telah menyatakan sikap untuk maju dalam perhelatan Pemilihan Gubernur (Pilgub) Sulawesi Tenggara (Sultra) tahun 2024 mendatang.

Dalam menghadapi pesta demokrasi tersebut, Andi Sumangerukka gencar melakukan sosialisasi kepada masyarakat sejak dini.

Tak heran, jika kehadiran Jenderal bintang dua itu memicu perhatian publik di Bumi Anoa.

Pasalnya, meski belum lama terjun ke dunia politik praktis, namun Andi Sumangeruka merupakan salah satu figur yang patut diperhitungkan di Pilkada mendatang.

Hal itu dikatakan oleh Direktur Lembaga Survei The Haluoleo Institute (THI), Naslim Sarlito.

Menurut Naslim, dengan adanya pergerakan yang dilakukan ASR selama ini, tentunya akan menarik simpati dan dukungan dari masyarakat Sultra.

“Walaupun dia belum lama terjun di dunia politik dibandingkan dengan figure lain, namun Andi Sumangerukka sudah menjadi perhatian publik”, kata Naslim Sarlito.

Naslim menilai bahwa apa yang dilakukan Andi Sumangerukka selama ini merupakan hal positif untuk membentuk jaringan dan menggalang dukungan dari 17 Kabupaten dan Kota yang ada di Sultra.

Kendati demikian kata Naslim, Andi Sumangerukka meski bekerja keras lagi agar bisa mengimbangi kekuatan figur lain yang sudah pernah maju dalam Pilgub sebelumnya. ASR atau Aku Sahabat Rakyat merupakan alat dan apakah ini berpengaruh atau tidak pada masyarakat dibutuhkan suatu  untuk mendeteksi terkait apa yang sudah dibangun.

“Elementary pilkada itu cuma ada tiga, pertama popularitas, kedua kesukaan, kemudian keterpilihan,” ungkap Naslim.

Terkait waktu untuk bergerak meraih simpati rakyat, Naslim menyarankan semakin cepat semakin baik, karena butuh waktu untuk menjangkau seluruh wilayah Sultra yang terdiri dari daratan dan kepulauan. Namun juga harus diatur metode dan strategi yang digunakan untuk mencapai tujuan.

Naslim juga menyebut beberapa tokoh politik Sultra yang berpotensi maju dalam Pilgub nanti yakni Lukman Abunawas, Ridwan Bae, Abdurrahman Saleh, Kery Saiful Konggoasa, Rusda Mahmud, Tina Nur Alam, Rusman Emba, dan Amirul Tamim.

Penulis: Andri

 

 

Komentar

NEWS FEED