oleh

Pemda Konut Tetapkan Status Siaga Darurat Bencana

-Pena Daerah-269 views

PENASULTRA.COM, KONUT – Pemerintah Daerah (Pemda) Kabupaten Konawe Utara (Konut) menetapkan status siaga darurat bencana seluruh wilayah Kabupaten Konut.

Hal itu diungkapkan oleh Bupati Konut, Ruksamin, saat memimpin rapat bersama Forkopimda Konut di Aula kantor Bupati pada Senin, 12 Juli 2021.

“Hari ini saya nyatakan penetapan status darurat bencana di Konawe Utara, meliputi darurat banjir, darurat tanah longsor dan darurat gelombang tinggi,” tegas Ruksamin dalam rapat.

Dengan penetapan status darurat bencana ini maka semua tim dapat bergerak dengan cepat sesuai tupoksi yang telah dibagikan masing-masing baik Forkopimda maupun OPD dan TNI/Polri.

Dia mengutip perkiraan Badan Meterologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) memprakirakan bahwa hari ini wilayah Sulawesi Tenggara (Sultra) masih berpotensi terjadi hujan dengan intensitas lebat. Hujan lebat tersebut dapat disertai kilat dan angin kencang.

“Masyarakat diimbau untuk waspada dan siap siaga terhadap potensi bencana banjir, tanah longsor maupun angin kencang di wilayah dengan potensi hujan dengan intensitas tinggi. Identifikasi kondisi wilayah Anda dari potensi bahaya tersebut,” himbaunya.

Diketahui, prakiraan cuaca wilayah Sulawesi Tenggara (Sultra) tanggal 13 Juli 2021 adalah sebagai berikut:

Pagi hari: berpotensi hujan sedang di wilayah Konawe Utara, Kendari dan Konawe Kepulauan. Hujan ringan di wilayah Konawe, Konawe Selatan, Kolaka, Kolaka Utara, Muna, Muna Barat dan Buton Utara.

Siang dan sore hari: berpotensi hujan sedang di wilayah Kendari, Konawe, Konawe Utara, Konawe Selatan, Konawe Kepulauan, Kolaka, Kolaka Utara, Kolaka Timur dan Buton Utara. Hujan ringan di wilayah Bombana, Muna dan Muna Barat.

Malam hari: Berpotensi hujan ringan di wilayah Konawe Utara, Konawe, Konawe Selatan, Kendari, Kolaka Utara, Buton Utara dan Wakatobi.

Dini hari: Berpotensi Hujan Ringan di wilayah Kendari, Konawe Selatan, Konawe Kepulauan, Konawe Utara, Buton Utara, Wakatobi, Baubau, Buton, Buton Tengah dan Buton Selatan.

Dengan suhu udara antara 23 – 31°C dan Kelembaban udara antara 70 – 95 % dan angin antara Timur – Tenggara / 2 – 30 km/jam

Peringatan Dini:

Berpotensi hujan sedang hingga lebat yang dapat disertai guntur dan angin kencang pada pagi hari di wilayah Konawe Utara, Kendari dan Konawe Kepulauan serta siang hari di wilayah Kendari, Konawe, Konawe Utara, Konawe Selatan, Konawe Kepulauan, Kolaka, Kolaka Utara, Kolaka Timur dan Buton Utara.

Penulis: Tim Redaksi

Komentar

NEWS FEED