oleh

Minimalisir Kesalahan, KPU Buteng Gelar Simulasi Pengisian Rekapan Suara

Pesona Kota Kendari

PENASULTRA.COM, BUTON TENGAH – Seluruh anggota dan staf sekretariat Panitia Pemungutan Suara (PPS) se Kecamatan Mawasangka Timur (Mastim) mengikuti simulai pengisian formulir C1 di Balai Desa Lasori, Rabu 27 Maret 2019.

Kordiv Teknis KPU Buteng, Rinto Agus Akbar Harkat S menilai, uji coba ini sangat penting dilakukan. Pasalnya, Formulir C1 merupakan seluruh hasil rekapan pemungutan suara.

“Ini untuk menimalisir kesalahan-kesalahan pengisian format C1 di KPPS, karena sangat berbeda sekali fom C1 yang diterapkan pada pemilihan sebelumnya. Hari ini masing-masing surat suara akan diakumulasi atau dicatat pada C1 masing-masing,” kata Rinto pada media ini.

Baca Juga:  Bawaslu Diminta Usut Dugaan Keterlibatan Lurah Watulea Saat Kampanye Caleg

Pihaknya menekankan, PPS dan KPPS harus mengetahui cara pengisian perolehan suara seluruh peserta Pemilu. Termasuk mencocokkan suara sah dan surat suara terpakai dengan jumlah pemilih yang mencoblos di TPS.

“KPPS jangan sampai sedikit teledor dalam proses penjumlahan. Kalau salah dalam pengisiannya, maka akan fatal akibatnya, karena semua rekapan hasil pemungutan suara ada di formulir ini,” jelas Rinto.

Baca Juga:  JaDI Sultra Sarankan KPU Fokus Pada Persoalan Teknis

Pihaknya juga memberikan perhatian khusus terhadap Daftar Pemilih Tetap Pindahan (DPTb). Pasalnya, terdapat perbedaan perhitungan yang signifikan antara DPT dan DPTb. Dan hal itu akan mempengaruhi hasil perhitungan.

“Jadi pemilihan kali ini, setiap surat suara itu dijumlahkan sesuai porsinya masing-masing dan harus memperhatikan DPTb pindahnya, karena yang akan membedakannya hanya di DPTb-nya. Kalau di DPK dan DPT tetap memiliki lima surat suara,” tutupnya.(b)

Penulis: Amrin Lamena
Editor: Sal

NEWS FEED