oleh

Mudahkan Aktivitas Masyarakat, Desa Mata Baho Siapkan Mobdes

PENASULTRA.COM, KONAWE KEPULAUAN – Desa Mata Baho Kecamatan Wawonii Barat, Kabupaten Konawe Kepulauan (Konkep) tengah mengadakan kendaraan multiguna berupa mobil desa (Mobdes) yang akan diperuntukkan oleh masyarakat guna mengangkut hasil perkebunan warga ke pasar ibu kota Konkep.

Kepala Desa Mata Baho, Anas Arhum mengatakan, pengadaan mobil berjenis Suzuki Mega Cary (pick up) ini dinilai sangat efektif. Menurutnya, keputusan ini merupakan hasil musyawarah antara pemerintah desa dan masyarakat Desa Mata Baho.

“Saya yakin dengan adanya kendaraan multiguna ini akan meringankan beban para petani kita. Karena selama ini warga selalu menggunakan ojek untuk mengangkut hasil tani mereka untuk dibawa ke pasar (dijual) dengan biaya yang terbilang cukup mahal mulai dari harga Rp15 ribu sampai Rp20 ribu per satu kali jalan ojeknya, belum pulangnya lagi,” beber Anas, Rabu, 12 Desember 2018.

Baca Juga:  Meski Ditolak Warga Konkep, PT GKP Tetap akan Beroperasi Tahun Depan

Dengan ketersediaan Mobdes ini, Anas optimis akan meringankan beban para petani.

“Kita akan menaruh tarif yang cukup murah hanya Rp5 ribu sampai Rp10 ribu saja perorangnya untuk satu kali jalan,” terangnya.

Baca Juga:  Kemenhub akan Hibahkan Kapal Pelayaran Rakyat di Konkep

Adanya tarif Rp5 ribu hingga Rp10 ribu ini, kata Anas dikarenakan kendaraan tersebut dibelanjakan memakai Anggaran Dana Desa (ADD) tahun 2018 dan akan dikelola oleh Badan Usaha Milik Desa (Bumdes) Suka Maju Desa Mata Baho.

“Itukan pake ADD kita belikan dan yang akan kelola Bumdes sendiri kita hanya meringankan beban masyarakat saja untuk transportasinya,” tutupnya.(b)

Penulis: Nanang Sofyan
Editor: Yeni Marinda

NEWS FEED