oleh

Operasi Pasar Elpiji Murah di Kolaka Diserbu Warga 2 Kecamatan

Pesona Kota Kendari

PENASULTRA.COM, KOLAKA – Keresahan warga Kabupaten Kolaka dewasa ini terkait kelangkaan serta tingginya harga tabung gas elpiji 3 Kg akhirnya sedikit terobati.

PT. Pertamina area Kendari bekerjasama dengan Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) Kolaka, Sulawesi Tenggara melakukan operasi pasar elpiji murah, Jumat 25 Mei 2018.

Operasi pasar elpiji murah ini digelar di tiga titik sekaligus di dua kecamatan berbeda. Yakni, di tempat pelelangan ikan (TPI) Kelurahan Sea Kecamatan Latambaga, Lapangan 19 November Kecamatan Kolaka dan di halaman sekretariat DPRD Kolaka.

Pantaun awak PENASULTRA.COM, pembukaan pasar murah di halaman kantor DPRD Kolaka turut disaksikan Ketua DRPD Kolaka, Parmin Dasir, Ketua Komisi III Syaifullah Halik, beberapa anggota DPRD Kolaka lainnya serta pihak Kepolisian dan Satpol PP.

Bak melepas dahaga, begitu pasar murah dibuka ratusan warga langsung menyerbu hingga berdesak-desakkan.

Baca Juga:  Konkep Optimis Jawara Sepakbola pada Porprov Kolaka

Hasrul, warga Kelurahan Balandete ini berharap operasi pasar murah tabung elpiji terus berlangsung hingga akhir Ramadan tahun ini.

“Bagusmi kalau begini, karena selama ini susah kodong cari gas 3 Kg. Kalaupun ada di pengecer, harganya mahal sekali,” ujarnya.

Sementara itu, Sekretaris Disperindag Kolaka Suryati yang ditemui disela-sela pembagian elpiji mengatakan, pelaksanaan
pasar murah ini merupakan inisiatif pihak Pertamina Kendari dan Pemkab Kolaka karena melihat kelangkaan gas epliji di Bumi Wonua Sorume.

Dalam penyalurannya, pihaknya melakukan pengawasan ketat. Sebab untuk elpiji 3 Kg hanya diperuntukan bagi warga yang kurang mampu.

“Ini menandakan kepedulian pemerintah terhadap masyarakat selalu ada,” ungkapnya di halaman sekretariat DPRD Kolaka.

Ia juga mengatakan, dari setiap titik yang disalurkan, setiap agen mendapatkan kuota 560 tabung gas elpiji 3 Kg yang akan disalurkan dan setiap lokasi penyaluran, selalu dipantau oleh ASN dari Dinas Perindag.

Baca Juga:  Kemenristekdikti Umumkan 106 CPNS USN Kolaka Lulus, 77 Gugur

Ditempat yang sama, salah satu petugas agen elpiji, Ahmad Akshari mengungkapkan, khusus tabung 3 Kg dijual sesuai dengan harga eceran tertinggi yakni Rp17.900 pertabung.

“Bagi warga kurang mampu, untuk mendapatkan gas 3 Kg harus memperlihatkan KTP aslinya. Setiap orang berhak mendapatkan dua tabung gas tidak boleh lebih. Sedangkan untuk PNS, TNI/Polri dan lainnya kami sediakan tabung gas ukuran 5,5 Kg dan 12 Kg,” bebernya.

Operasi pasar ini, tambah dia, melibatkan tiga pemilik agen resmi di Kolaka setelah mendapatkan perintah dari Pertamina Kendari.

“Besok akan dilaksanakan pada tiga titik lagi, yakni di Lapangan Gelora Kolaka Kecamatan Wundulako dan Kecamatan Pomalaa. Kecamatan lainnya masih harus menunggu instruksi dari Pertamina Kendari,” ucap Akshari.(b)

Penulis: Kaulia Akansoro
Editor: Mochammad Irwan

Komentar

NEWS FEED