oleh

Wabub Butur Cek Kondisi dan Kesiapan Puskesmas Kulisusu

-Pena Daerah-616 views

PENASULTRA.COM, BUTUR – usai melakukan Inspeksi Mendadak (Sidak) di Kantor Camat Kulisusu dan Kantor Kelurahan Bangkudu, pada hari yang sama Wakil Bupati Kabupaten Buton Utara (Butur), Ahali melakukan Sidak di Puskesmas Kulisusu, Jumat, 9 April 2021.

Sidak tersebut bertujuan mengecek kedisplinan sekaligus melihat kondisi dan kesiapan sebagaimana puskesmas Kulisusu adalah salah satu puskesmas metropolitan.

Wabup butur tidak hanya mengecek kesiapan para tenaga kesehatan saja tetapi sekaligus menemui keluarga pasien dan melihat kondisi pasien yang ada di puskesmas tersebut.

Saat menemui keluarga pasien, Ahali langsung mempertanyakan seperti apa pelayanan puskesmas Kulisusu.

“Untuk proses pelayanan puskesmas Kulisusu sampai saat ini sangat bagus”.ungkap salah seorang keluarga pasien.

“Jika dalam proses pelayanan kurang baik atau ada kendala segera sampaikan kepada saya”, ungkap Wabup Butur kepada salah satu keluarga pasien

Dalam Sidak tersebut Wabup Butur menemukan masih banyak tenaga kesehatan yang bekerja di puskesmas Kulisusu serta menemukan tidak adanya dokter yang hadir pada saat sidak, baik dokter umum maupun dokter gigi dan menemukan salah seorang tenaga perawat yang tidak melengkapi identitasnya sebagai perawat.

Ahali langsung memerintahkan kepada Kepala Puskesmas (Kapus) Kulisusu La Djumadil Ahmad Tiu,SKM, agar segera membuatkan  laporan tertulis baik tenaga honorer maupun PNS. Setelah membuatkan laporan langsung arahkan untuk ketemu diruanganya.

“saya tidak mau lagi melihat ada tenaga kesehatan tersebut tidak memakai atribut kelengkapan identitas. Jika saya melihat ada yang tidak tertib dan tidak mengindahkan aturan maka akan diberikan sanksi tegas”, tegas Ahali.

Kapus Kulisusu La Djumadil Ahmad Tiu mengungkapkan akan segera membuatkan laporan tertulis dan siap mendampingi para tenaga kesehatan untuk menghadap di ruangan Wabup Butur.

Kapus kulisusu berharap kepada pemerintah daerah (Pemda) Butur semoga Puskesmas Kulisusu diimbangi dengan infrastruktur yang memadai serta sarana dan prasarananya.

“Sebagai Puskesmas kota harus menjadi penyangga dari rumah sakit sehingga ini harus d perhatikan oleh Pemda Butur”.

Dirinya juga menjelaskan Puskesmas Kulisusu adalah salah satu puskesmas pertama yang ada di butur dan diharapkan menjadi contoh untuk puskesmas yang lain.

Penulis: Laode Yus Asman

 

NEWS FEED