oleh

Pantai Kampa Dirancang Menjadi Destinasi Wisata Dunia

Pesona Kota Kendari

Kabupaten Konawe Kepulauan (Konkep) atau akrabnya disebut Pulau Wawonii memiliki banyak potensi wisata alamnya. Dimasa pemerintahan Bupati Konkep H. Amrullah dan Wakilnya Andi Muh Lutfi saat ini terus berupaya mengembangkan obyek pariwisata di daerah berbentuk hati itu.

Pantai Kampa di Kecamatan Wawonii Barat, Air Terjun Tumburano di Kecamatan Wawonii Utara dan Benteng Watuntinapi di Kecamatan Wawonii Timur Laut menjadi fokus pengembangan Pemda Konkep saat ini.

Terkhusus, destinasi wisata Pantai Kampa hanya berjarak 7 kilometer dari pelabuhan Ferry Kendari-Langara. Untuk ke sana, wisatawan dapat menjangkaunya dalam waktu 20 menit saja.

Wisatawan selanjutnya akan disuguhkan dengan keindahan alam bahari, pasir pantainya yang putih, lautnya yang jernih diwarnai kebiruan dan sejumlah spot akan dinikmati selama berada di Pantai Kampa.

Bupati Konkep, H. Amrullah menjelaskan, pengembangan obyek wisata secara terpadu merupakan suatu hal yang harus dilakukan. Sebab, menurutnya, langkah ini sangat efektif untuk menunjang kemajuan obyek wisata dan tentunya akan meningkatkan pertumbuhan ekonomi masyarakat setempat.

Baca Juga:  Disperindagkop Konkep Gandeng Bank Sultra Gelar Pasar Murah

“Jika kita mampu menjaga dan mengembangkan obyek wisata kita maka pasti akan mendunia dan akan menjadi salah satu destinasi wisata pilihan para wisatawan mancanegara,” kata Amrullah dalam sambutannya saat pembukaan launching inovasi pengembangan wisata Pantai Kampa, Selasa 6 November 2018.

Pesona Pantai Kampa Wawonii bersama J Live. FOTO: Nanang Sofyan

Enam OPD Konkep Berinovasi Kembangkan Obyek Wisata Wawonii

Ada enam kepala Organisasi Perangkat Daerah (OPD) lingkup Pemkab Konkep tengah berinovasi mendukung pengembangan wisata Pantai Kampa. Mereka masing-masing, Kepala Dinas Pengendalian Penduduk Keluarga Berencana Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (P2KBP3A), Hj. Nurul Hidayati.

Di P2KBP3A ini menonjolkan inovasi, akselerasi pengembangan wisata kuliner yang berbasis kearifan lokal.

Kepala Dinas Pariwisata Pemuda dan Olahraga (Parmudora), Armin dengan inovasi, gerakan membangun destinasi wisata alam Pantai Kampa. Kemudian Kepala Dinas Perumahan dan Pemukiman, Danyal dengan inovasi grand desain rumah panggung wisata. Menyusul Kepala Dinas Sosial, Rustam Arifin, mengangkat inovasi Kelompok Usaha Bersama (Kube) Kampa Kreatif.

Sementara, Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan, Muhamad Yani berinovasi dengan menguatkan pendidikan seni dan budaya. Terakhir, Kepala Dinas Komunikasi dan Informasi, Jamhur Umirlan, inovasi komunitas peduli wisata.

Baca Juga:  FPKP Desak Bupati Amrullah Copot Kadiknas Konkep

Inovasi enam kepala OPD ini dibawakan saat menjadi peserta Diklat PIM II ke XXII tahun 2018 di Provinsi Bali dengan membuat proyek perubahan secara terintegrasi yang berlokasi di Pantai Kampa. Kesemuanya dikemas menjadi satu dan diberi label “Konkep Grand Design Tourism”.

Bupati Konkep, H. Amrullah saat memotong tumpeng tanda di launchingnya pengembangan wisata secara terpadu di Pantai Kampa bersama enam kepala OPD peserta Diklat PIM II. FOTO: Nanang Sofyan

Keseriusan Pemkab dalam mengembangkan destinasi wisata alam ini terbukti saat Bupati Konkep, H. Amrullah melaunching pengembangan wisata Pantai Kampa secara terpadu di Pantai Kampa pada, Selasa 6 November 2018.

Bagi Amrullah, Pantai Kampa ini adalah wisata unggulan yang akan diprioritaskan menjadi wisata dunia.

“Oleh sebab itu penting dilakukan pengembangan wisata terpadu ini karena dapat menunjang kemajuan pariwisata Konkep dan dapat meningkatkan ekonomi masyarakat itu sendiri. Karena keenam OPD itu tadi masing-masing melakukan inovasi seperti Dinas Kominfo inovasinya membentuk komunitas peduli wisata yang dapat memberikan kontribusi terhadap perkembangan wisata kita,” kata H. Amrullah.(***)

NEWS FEED