oleh

Panwascam se Wakatobi Dilatih Tangani Penyelesaian Sengketa Pemilu

Pesona Kota Kendari

PENASULTRA.COM, WAKATOBI – Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kabupaten Wakatobi menggelar pelatihan penyelesaian sengketa Pemilu 2019. Pelatihan tersebut dilakukan bagi sejumlah staf sekretariat Bawaslu dan Panwascam se Wakatobi.

Sekretariat Bawaslu diharapkan mampu memahami mekanisme penerimaan laporan, proses mediasi, ajudifikasi dan pembuatan putusan.

Untuk memahami penyelesaian sengketa Pemilu yang tertuang dalam UU Pemilu dan Perbawaslu, Bawaslu menggaet Baron Harahap, praktisi hukum dari Kota Kendari.

Baca Juga:  Bawaslu Wakatobi Terima Keberatan Caleg PKB Soal Penggelembungan Suara

Koordinator Divisi Pelanggaran Pemilu, Bawaslu Wakatobi, La Ode Januria menyebut, pelatihan ini penting dilakukan mengingat ada tambahan kewenangan terhadap Bawaslu soal penyelesaian sengketa pada pemilu 2019.

“Karena baru pertama kali, maka penting untuk dipahami oleh semua penyelenggara Bawaslu dalam menegakan keadilan pemilu,” kata Janu sapaan akrab La Ode Januria usai pelatihan penyelesaian sengketa pemilu di salah satu resort di pusat kota Wangiwangi, Minggu 9 Desember 2018.

Baca Juga:  Bawaslu Sultra Lidik Video Penggerebekan Dugaan Kampanye Camat Kambu

Menurut Janu, Panwascam memiliki peranan penting dalam penyelesaian sengketa pemilu yang ditangani Bawaslu. Sehingga kehadirannya dalam pelatihan ini, mampu memberikan pencerahan dan pemahaman yang cukup soal penyelesaian sengketa pemilu terutama pelanggaran administrasi.

“Panwascam memiliki peranan penting soal backup ada dalam sengketa. Sebabnya, semua panwascam dilibatkan dalam pelatihan ini agar mereka bisa mengetahui mekanismenya,” tuturnya.(b)

Penulis: Deni La Ode Bono
Editor: Ridho Achmed

NEWS FEED