oleh

Pemda Bombana Canangkan Penanaman Kopi Asal Brazil di Kabaena

Pesona Kota Kendari

PENASULTRA.COM, BOMBANA – Dinas Pertanian Kabupaten Bombana mencanangkan penanaman kopi jenis arabika asal Negara Brazil di Pulau Kabaena.

Kepala Dinas Pertanian Kabupaten Bombana, Andi Nuralam mengungkapkan, Kabaena terkenal dengan gunungnya yang tinggi dan subur. Sehingga, potensi itu dianggap sangat tepat untuk pengembangan kopi arabika.

“Wacananya memang di sana untuk pengembangan kopi itu. Kita coba melihat sebagian besar perkebunan kopi arabika yang ada di daerah pegunungan Toraja, Sumatera Utara, Aceh, dan di beberapa daerah di Pulau Jawa,” kata Andi, Kamis 31 Januari 2019.

Baca Juga:  Tafdil Minta Kades di Bombana Maksimalkan Pengelolaan DD

Ia mengatakan, petani kopi tidak perlu cemas dengan bibit kopi. Pasalnya, Pemda Bombana telah memilih bibit unggul yang akan ditanam di Kabaena.

“Sekaligus disiapkan juga pupuk serta perawatan khusus,” ucapnya.

Baca Juga:  Pembangunan Pasar Poleang Bombana Bakal Habiskan Rp40 Miliar

Untuk diketahui, kopi arabika sangat rentan terhadap serangan penyakit karat daun, terutama bila ditanam di daerah dengan elevasi kurang dari 700 meter. Sehingga, dari segi perawatan dan pembudidayaan, kopi arabika butuh perhatian lebih dibanding kopi robusta atau jenis kopi lainnya.(b)

Penulis: Zulkarnain
Editor: La Ode Muh. Faisal

NEWS FEED