oleh

Peminat Banyak, USN Kolaka Batasi Kuota Camaba

Pesona Kota Kendari

PENASULTRA.COM, KOLAKA – Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN) 2018 resmi digelar hari ini, Selasa 8 Mei 2018. Ribuan calon mahasiswa baru (Camaba) berebut tempat untuk bisa lolos seleksi sesuai jurusan atau program studi pilihannya di berbagai kampus di Indonesia.

Khusus di Universitas Sembilanbelas November (USN) Kolaka, Sulawesi Tenggara (Sultra), para pendaftar Camaba mencapai total 2.858 orang. Jumlah ini dua kali lipat lebih besar dari peminat Camaba pada 2017 lalu yang hanya diangka 1.101 orang.

Tahun ini, Program studi (Prodi) Administrasi Negara menjadi pilihan terfavorit pendaftar dengan jumlah 302 orang. Diikuti Program studi (Prodi) Sistem Informasi dan Manajeman masing-masing, 275 dan 256 orang. Selebihnya tersebar pada 20 Prodi lainnya yang ada di USN Kolaka.

Hal itu diungkapkan Ketua Panitia SBMPTN USN Kolaka, Prof Dr Ruslin Hadanu saat ditemui PENASULTRA.COM di ruang panitia, Selasa 8 Mei 2018. Kata Prof Ruslin, para peserta yang menjatuhkan pilihan di kampus yang berstatus PTN pada 2014 lalu ini berasal dari berbagai daerah di Indonesia.

Baca Juga:  Rektor USN Kolaka Ambil Sumpah 17 PNS Baru

“Bukan hanya berasal dari Sulawesi, para peserta juga berasal dari daerah Jawa, Sumatera, Kalimantan, NTB, Maluku, Gorontalo hingga Papua. Ini sudah menjadi langganan setiap tahun,” ungkap Wakil Rektor I USN Kolaka ini.

Kemudian, tambah Ruslin, daerah penyangga peserta calon mahasiswa baru USN Kolaka, selain semua dari kabuapaten/kota di Sultra, dari Sulawesi Selatan juga cukup banyak.

“Jadi trend kita dikenal dengan daerah luar itu sudah lumayan bagus,” ujarnya.

Sementara itu Rektor USN Kolaka, Dr Azhari yang mengungkapkan bahwa meningkatnya para peminat USN Kolaka disebabkan karena publik telah mengenal adanya USN Kolaka. Kata Rektor, penyelenggaraan seleksi nasional di kampus yang dipimpinnya sejak 14 tahun lalu itu, sudah kali ke empat sejak USN Kolaka menjadi PTN pada 2014 lalu.

Baca Juga:  Wisudakan 685 Mahasiswanya, Ini Pesan Rektor USN Kolaka

“Insya Allah tahun depan akan lebih banyak lagi apabila nanti gedung perkuliahan kita khususnya di kampus utama USN di Tanggetada sudah berjalan normal. Saya kira bukan hanya dua ribu lima ratusan lagi yang akan memilih USN, tapi bisa mencapai sampai angka lima ribuan peserta,” kata Rektor kepada PENASULTRA.COM usai memantau jalannya tes SBMPTN di ruang Lab Komputer USN Kolaka.

Ia menjelaskan, saat ini pihaknya masih membatasi kuota penerimaan calon mahasiswa baru, sebab kapasitas ruangan perkualiahan masih terbatas.

“Sekarang saja kita hanya menerima maksimal 1.500 mahasiswa baru kadang-kadang kita kuliah sampai malam. Tapi kalau tahun depan kita sudah bisa bergerak di kampus baru di Tanggetada, Rektorat sudah selesai, gedung-gedung perkuliahan sudah rampung, tentu sudah bisa menerima mahasiswa dengan kapasitas di atas tiga ribu,” pungkasnya.(b)

Penulis: Kaulia Akansoro
Editor: Irwan Achmed

Komentar

NEWS FEED