oleh

Pendirian PT Jamkrida di Sultra Dinilai Sangat Bermanfaat Bagi UMKM

Pesona Kota Kendari

PENASULTRA.COM, KENDARI – Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat (LPPM) Universitas Halu Oleo (UHO) baru-baru ini melakukan studi kelayakan usaha pendirian PT Jaminan Kredit Daerah (Jamkrida) di Sultra.

Dari hasil studi yang dilakukan bersama Biro Administrasi Perekonomian Sultra menyimpulkan, secara finansial pendirian PT Jamkrida di Sultra dinilai layak.

Kasubag Pembina BUMD Biro Perekonomian Sultra, Satbar menjelaskan, PT Jamkrida merupakan lembaga yang bertugas membantu pelaku usaha mikro, kecil dan menengah (UMKM) agar memiliki akses ke lembaga perbankan, dalam hal ini Jamkrida menjamin UMKM yang tidak memiliki jaminan dalam mengakses modal di perbankan.

Baca Juga:  Pemda Bombana Gandeng LPPM UHO Kaji Pengembangan Budaya Tradisional

Ia menilai, pelaku usaha mikro, kecil dan menengah (UMKM) di Sultra sangat membutuhkan lembaga penjamin untuk meningkatkan usahanya.

“Dimana Jamkrida sebagai lembaga penjamin bagi UMKM yang tidak memiliki akses untuk masuk ke lembaga perbankan,” kata Satbar di salah satu hotel di Kendari, Kamis 29 November 2018.

Baca Juga:  Tingkatkan Kapasitas Guru, LPPM UHO Adakan Pelatihan Literasi TIK Dasar

Pihaknya berharap, Pemerintah Provinsi maupun Pemerintah Kabupaten kota mau bekerjasama dalam rangka membangun UMKM di daerah, menggingat para pelaku usaha tersebut sangat membutuhkan lembaga penjamin.

“Dengan adanya Jamkrida, perekonomian kita khususnya UMKM itu bisa jauh lebih baik. Sebab berdasarkan penelitian LPPM -UHO itu masih ada sekitar 42 ribu atau 67 persen UMKM kita tidak memiliki akses di lebaga keuangan,” pungkasnya.(b)

Penulis: La Ode Muh. Faisal
Editor: Kas

NEWS FEED