oleh

Polda Sultra Sambut Baik Hadirnya Pansus Penertiban Tambang Illegal

Pesona Kota Kendari

PENASULTRA.COM, KENDARI – Polda Sultra menyambut baik hadirnya panitia khusus (Pansus) penertiban izin usaha pertambangan (IUP) bentukan Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Sulawesi Tenggara (Sultra).

Menurut Direktur Reserse Kriminal Khusus (Dirreskrimsus) Polda Sultra, Kombes Pol Yandri Irsan, pihaknya senantiasa membuka ruang koordinasi dengan stakeholder terkait guna melakukan pelacakan tambang-tambang ilegal di Sultra.

“Kita selalu koordinasi dengan Dinas ESDM terkait memonitor tambang-tambang illegal atau turun ke lapangan meninjau lokasi-lokasi pertambangan,” kata Yandri saat dihubungi via WhatsAapnya, Rabu 11 Juli 2018 malam.

Jika dalam perjalanannya ditemukan ada perusahaan tambang yang melanggar aturan, Yandri menegaskan, pihaknya tidak akan pandang bulu menindaknya.

Baca Juga:  Warga Pemilik Lahan Ancam Blokir Aktivitas PT Tambang Bumi Sulawesi

“Tentunya kami akan menindak jika ada yang menyalahi ketentuan atau tidak memiliki IUP,” tegas mantan Wakil Dirreskrimsus Polda Nusa Tenggara Timur (NTT) itu.

Sebelumnya, keseriusan Pansus penertiban IUP di Sultra ini sempat menjadi pertanyaan publik. Pasalnya, sejak digulirkan pada April 2018 lalu, tim Pansus yang terdiri dari anggota Komisi II, III dan IV DPRD Sultra tersebut belum juga menunjukkan taringnya.

Dengan kewenangan pengawasan yang melekat di DPRD Sultra, Rabu 11 Juli 2018 akhirnya Dinas Pertambangan Energi dan Sumber Daya Mineral (Distamben) Sultra, Badan Lingkungan Hidup (BLH), dan Dinas Kehutanan serta sejumlah instansi terkait lainnya dihadirkan dalam rapat perdana pansus.

Baca Juga:  Dinyatakan Pailit dan Masih Beroperasi, Ini Dalil Kuasa Hukum PT SJM

“Ini adalah rapat perdana dengan pihak yang punya kaitan secara langsung mengenai pertambangan,” kata Ketua Komisi IV DPRD Sultra Yaudu Salam Ajo usai rapat pansus.

Dalam rapat tersebut, kata dia, Pansus meminta SKPD terkait memberikan informasi data-data yang berkaitan dengan perusahaan tambang yang ada di Sultra.

“Mereka sudah menyiapkan. Kita juga sudah bentuk tim kecil dari sekretariat. Nanti tim itu yang akan datang ke dinas terkait untuk meminta atau mengambil data yang kami maksudkan,” ucapnya.(b)

Penulis: Mochammad Irwan

Komentar

NEWS FEED