oleh

PT. Kobexindo Tractors Tbk Siap Ekspansi di Sulawesi Tenggara

Pesona Kota Kendari

PENASULTRA.COM, KENDARI – Tumbuh kembangnya perekonomian di Sulawesi Tenggara (Sultra) yang ditunjang dengan potensi sumber daya alamnya menjadi magnet tersendiri bagi para pengusaha untuk masuk berinvestasi.

Karena alasan itulah, PT. Kobexindo Tractors Tbk mempersiapkan langkah ekspansi bisnis besar-besaran di Sultra. Salah satu bidikannya adalah, penjualan berbagai jenis serta tipe alat berat, termasuk penyediaan sparepart dan jasa service ke perusahaan tambang nikel.

“Rencana itu (ekspansi) sudah ada sejak 2015 saat Cabang Kobexindo Makassar dibuka,” ungkap Ricko Mardiansyah saat diwawancarai di Swiis Belhotel Kendari, Selasa 17 Juli 2018 malam.

Dipilihnya Sultra sebagai tempat berinvestasi, kata Brach Head Kobexindo Cabang Makassar itu karena Sultra merupakan salah satu daerah di kawasan Indonesia Timur dengan pangsa pasar alat berat terbesar.

“Kita buka cabang di Makassar awalnya karena Makassar merupakan kota terbesar di Indonesia Timur dan karena pemilik-pemilik perusahaan tambang kebanyakan berdomisili di Makassar walaupun wilayah tambangnya berada di daerah lain,” bebernya.

Baca Juga:  Surunuddin Minta Pemprov Sultra Evaluasi IUP di Konsel

Ricko mengakui, dunia pertambangan sebelumnya sempat mengalami kelesuan dengan adanya regulasi yang mengikat. Namun, belakangan dunia pertambangan kembali menggeliat.

“Dengan melihat perkembangan tambang nikel di Sultra mulai pertengahan tahun kemarin sampai tahun ini, kita pasti akan ekspansi di sini (Sultra). Tapi terlebih dahulu dipertimbangkan secara matang dan akan kita support sesuai permintaan dan kebutuhan customer di wilayah Sultra,” imbuhnya.

Penjualan alat berat yang dilakukan PT. Kobexindo Tractors Tbk Cabang Makassar pada awal tahun ini sangat positif. Bisa dilihat dari total angka pencapaian pada triwulan pertama 2018 sama dengan capaian total penjualan tahun 2017 yang lalu.

“Target penjualan kami di tahun ini di sekitaran 60 unit,” ucap Ricko.

Doosan Excavator

Untuk diketahui, PT. Kobexindo Tractors Tbk didirikan pada 2002 lalu. Perusahaan yang memiliki kantor pusat di Jakarta ini merupakan perusahaan yang bergerak di bidang distribusi alat-alat berat dengan mengusung merk-merk terkemuka kelas dunia seperti Doosan Excavator, NHL-Terex, Daewoo Truck dan lainnya.

Baca Juga:  Pengapalan Besi Baja PT SSU Disebut Penjarahan, Direkturnya Lapor Polisi

Perusahaan ini juga telah mendapatkan sejumlah penghargaan dari para principalnya, di antaranya Doosan Forklift Explosive Sales Growth (2012) dan Tata Daewoo Best Debut Award (2013).

Adapun produk-produk yang didistribusikannya antara lain alat berat, mesin industri, dump truck, truk angkutan berat dan sebagainya. Kobexindo juga menyediakan layanan dukungan seperti jasa servis, suku cadang, fasilitas, hingga pusat pelatihan untuk para kliennya.

Di Sultra sendiri, PT. Kobexindo Tractors Tbk telah melakukan penandatanganan kerja sama dengan PT. Lamario Celebes Perkasa, kontraktor mining PT. Ceria Nugraha Indotama yang beroperasi di Desa Lapao-Pao, Kecamatan Wolo, Kolaka.(a)

Penulis: Mochammad Irwan

Komentar

NEWS FEED