oleh

Setia Dampingi Wagub Sultra Hingga Akhir Hayat, Ini Kisah Hidup Hj. Yati Lukman Abunawas

Pesona Kota Kendari

PENASULTRA.COM, KENDARI – Hj. Yati Lukman semasa hidupnya dikenal santun dan ramah kepada siapapun yang dijumpainya.

Sebagai seorang istri Wakil Gubernur Sulawesi Tenggara (Sultra) Lukman Abunawas, Hj. Yati Lukman merupakan wanita yang setia dan tegar hingga menghembuskan nafas terakhirnya di Rumah Sakit Umum (RSU) Wahidin Makassar, Rabu malam tadi sekitar pukul 00.15 Wita.

Almarhumah lahir di Wawotobi pada 9 September 1959 dari pasangan suami-istri H. Pisi dan Hj. Sitti Norma. Almarhumah menamatkan pendidikan sekolah dasar pada 1974, sekolah menengah pertama (SMP) 1977 dan sekolah menengah atas (SMA) 1984. Semua dijalani almarhumah di kampung halamannya di Wawotobi.

Pada 1 Maret 1985, almarhumah menjadi PNS di Kabupaten Kendari semasa pemerintahan Andrey Djufry.

“Selanjutnya almarhumah melanjutkan pendidikan S1 pada Universitas Terbuka, dan meraih gelar S. IP pada tahun 2002. Jabatan terakhir sebagai Kepala Bidang Sosbud Kantor BPMD Kabupaten Konawe, dengan pangkat Gol IV/b,” ujar Kepala Dinas Kominfo Sultra, Syaifullah, Kamis 27 Juni 2019.

Baca Juga:  Yakub Silondae, Tokoh Penggagas Sultra Tutup Usia

Kiprah istri mantan bupati Konawe dua periode itu tidak hanya didunia aparatur sipil negara. Pada 2014, Hj. Yati Lukman memutuskan terjun kedunia politik melalui Partai NasDem.

Uji keberuntungan itu ternyata membuahkan hasil maksimal. Hj. Yati Lukman berhasil duduk di kursi anggota DPRD Sultra dapil Kabupaten Konawe dan Konawe Utara (Konut) masa bakti 2014-2019.

Semasa Hj. Yati Lukman menjadi wakil rakyat, almarhumah bergabung di Komisi 1, Fraksi Restorasi Bangun Nurani.

2019, di Pemilu yang baru saja usai, sepak terjang politik Hj. Yati Lukman pun harus diakui. Ia kembali terpilih sebagai anggota DPRD Sultra untuk periode 2019-2024 dari dapil yang sama.

Baca Juga:  Yakub Silondae, Tokoh Penggagas Sultra Tutup Usia

“Almarhumah Yati Lukman Abunawas yang sering disapa Mama Arni selama mendampingi suami tercinta memiliki segudang karir dan jabatan politik. Sangat taat dan setia mendampingi suami. Jabatan terakhirnya sebagai ibu Wakil Gubernur Sultra sekaligus sebagai ibu Wakil Ketua TP PKK hingga ia menghembuskan nafas terakhirnya,” tutur Syaifullah mengenang almarhumah.

Hj. Yati Lukman Abunawas tutup usia karena sakit Hepatitis B yang dideritanya. Almarhumah wafat di usia 60 tahun dan meninggalkan 5 orang anak.

Sesuai rencana, sebelum di makamkan di Kelurahan Konawe, Kecamatan Konawe, jenazah terlebih dahulu akan di semayamkan di kediaman orang tuanya, H. Pisi.(a)

Penulis: Yeni Marinda
Editor: Ridho Achmed

NEWS FEED