oleh

SMPN 4 Raha Sediakan Wifi Gratis untuk Proses Belajar

Pesona Kota Kendari

PENASULTRA.COM, MUNA – Guna mempermudah informasi dan sumber belajar, Sekolah Menengah Pertama Negeri (SMPN) 4 Raha menyiapkan wifi gratis bagi para siswa dalam proses belajar mengajar.

Kepala Sekolah (Kasek) SMPN 4 Raha, Ria La Ode Thamrin Tonda mengatakan, wifi gratis tersebut sengaja diadakan untuk membantu para peserta didiknya, agar dapat mengakses informasi maupun data yang berhubungan dengan sumber belajar.

“Di SMPN 4 Raha penggunaan HP tidak dilarang hanya penggunaannya diatur dan diawasi ketat oleh pihak sekolah. Jadi misalnya ada mata pelajaran tertentu, guru menginstruksikan para siswa untuk membawa HP,” kata Ria La Ode di ruang kerjanya, Kamis 14 Februari 2019.

Baca Juga:  Pisah Sambut Bersama Murid dan Guru, Ini Pesan Mantan Kepala SDN 46 Kendari

Kemudian, lanjutnya, pada saat belajar, mereka dibawa ke laboratorium komputer agar bisa mengunakan wifi mengakses materi pelajaran. Namun, tetap dipandu dan diawasi oleh guru.

Untuk menangkal penyalahgunaan wifi itu, Thamrin mengaku, pihak telah mengambil langkah-langkah pencegahannya, seperti mengontrol kode (sandi) wifi secara berkala.

“Wifi yang kita pakai bersistem Indi Home yang aksesnya lebih cepat dan lebih efisien. Anggaran pengadaan wifi sendiri, kita gunakan dana Bantuan Operasional Sekolah (BOS) yang iurannya sebesar Rp400-an perbulan,” terangnya.

Salah satu pelajar SMPN 4 Raha Febryanti mengaku sangat terbantu dengan adanya wifi gratis yang difasilatasi oleh pihak sekolah ini.

Baca Juga:  Bupati Bombana Terima Penghargaan dari IGI

Jika sebelumnya siswa kelas IX ini harus merogok kocek sebesar Rp75 ribu perbulan untuk membeli pulsa data, kini ia dengan mudah mengakses internet saat proses pelajaran berlangsung.

“Kami sangat terbantu sekali. Apalagi mau menghadapi USBN dan UN seperti sekarang ini. Dengan adanya wifi ini kita dengan mudah mengakses internet untuk mencari materi pelajaran yang diinginkan. Kalau dulu kita harus ke warnet sekarang tidak perlu repot lagi,” terang pelajar berhijab itu.(b)

Penulis: Sudirman Behima
Editor: Bas

NEWS FEED