oleh

Gelar Apel Siaga Bencana, Kapolda Sultra Tekankan Prinsip Kepada Personilnya

Pesona Kota Kendari

PENASULTRA.COM, KENDARI – Kepolisian Daerah (Polda) Sulawesi Tenggara (Sultra) menggelar apel kesiapsiagaan penanganan bencana di Lapangan Mako Polda Sultra, Kamis 14 Februari 2019.

Kapolda Sultra, Brigjen Pol Iriyanto mengatakan, apel kesiapsiagaan ini dilakukan dalam rangka rencana Kontinjensi Aman Nusa II tahun 2019 di wilayah hukum Polda Sultra.

Dengan demikian, kata dia, apabila terjadi bencana alam dapat ditangani sejak dini melalui deteksi aksi, kegiatan preemtif dan preventif serta bersinergi dengan seluruh stake holder terkait.

Baca Juga:  Polda Sultra Dinilai Lamban Tangani Kasus Dugaan Penipuan Direktur PT DTGP

“Sehingga bencana alam bila terjadi di wilayah Sultra dampaknya dapat diantisipasi maupun diatasi dengan baik,” ujar Iriyanto pada sambutannya.

Dalam pandangannya, Iriyanto menilai, bencana alam bersifat kontinjensi yang waktunya tidak dapat diketahui. Bencana alam juga dapat menimbulkan dampak yang sangat besar serta menimbulkan kerugian, baik itu harta, benda, cedera fisik dan psikologi, serta ancaman kehilangan nyawa bagi korbannya.

Baca Juga:  Polda Sultra Siapkan 83 Pos Pam Lebaran

“Oleh karena itu kesiapsiagaan menghadapi bencana mutlak dibutuhkan,” tegasnya.

Iriyanto juga menekankan kepada seluruh personilnya, beberapa prinsip yang harus diperhatikan dalam penanggulangan bencana yaitu cepat, tepat, meminimalisir korban, serta mengutamakan penyelamatan manusia.

“Transparansi dan akuntabilitas, kemitraan dan pemberdayaan dalam proses penanggulangan bencana mutlak dilakukan,” tukasnya.(b)

Penulis: La Ode Muh. Faisal
Editor: Ridho Achmed

NEWS FEED