oleh

HIMA Konut Tuding PT Aman Fortuna “Berkebun Tebu” Tanpa Izin

Pesona Kota Kendari

PENASULTRA.COM, KONAWE UTARA – Kehadiran PT Aman Fortuna Nusantara (AFN) menuai sorotan dari kelompok pemuda dan masyarakat Desa Asemi Nunulai, Kecamatan Asera, Kabupaten Konawe Utara (Konut).

Melalui Himpunan Mahasiswa (HIMA) Konut dan Front Masyarakat Asera Lawali dan Oheo (FAMELLO), warga menilai PT AFN banyak menyalahi aturan dan merugikan masyarakat setempat.

Ketua HIMA Konut, Oschar Sumardin menuding, PT AFN telah masuk secara semena-mena tanpa melakukan sosialisasi terlebih dahulu terhadap masyarakat. Selain itu PT AFN yang telah hadir sejak 2017 hingga saat ini beroperasi tanpa mengantongi izin resmi dari pemerintah.

Baca Juga:  PT Barong Barakas Meradang Izin Perkebunan Tebunya Dicabut Pemda Konut

“Dinas Pertanian maupun Dinas Kehutanan Provinsi belum mengeluarkan izin sampai hari ini. Namun faktanya di lapangan, PT AFN ini tetap beroperasi,” semprot Oscar, Rabu 13 Februari 2019.

Baca Juga:  PT WSA di Mubar Dinilai Bakal Merusak Lingkungan

Saat dikonfirmasi terkait tudingan Oscar itu, perwakilan PT AFN, Juana menegaskan bahwa pihaknya telah memperoleh perizinan sesuai prosedur dan ketentuan yang berlaku.

“PT AFN mendapatkan perijinan sesuai prosedur dan ketentuan yang berlaku. Itu saja statemen dari saya,” singkatnya melalui pesan WhatsAppnya, Kamis 14 Februari 2019.(b)

Penulis: La Ode Muh. Faisal
Editor: Ridho Achmed

NEWS FEED