oleh

Sosialisasi Pemilu di Kabaena, KPUD Bombana Sasar Ibu-ibu

PENASULTRA.COM, BOMBANA – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Bombana selenggarakan pendidikan pemilih berbasis keluarga kepada ibu-ibu runah tangga di Desa Rahadopi Kecamatan Kabaena, Sabtu 24 November 2018.

Komisioner KPUD Bombana, Abdi Mahatma menjelaskan, sosialisasi bertujuan untuk membentuk keluarga sadar Pemilu, yaitu sebuah keluarga yang anggotanya memiliki pengetahuan, kesadaran, dan keterampilan yang mumpuni tentang Pemilu.

Peserta sosialisasi pemilu ini, kata Abdi, adalah para ibu rumah tangga dan anggota komunitas atau kelompok masyarakat desa setempat.

“Sehingga sosialisasi pendidikan pemilih berbasis perempuan dengan fokus ke mak-mak merupakan upaya yang terencana, sadar, partisipatif, kontekstual, dan berkesinambungan dengan sasaran keluarga,” ujar Abdi usai kegiatan sosialisasi.

Menurut Abdi, tidak seperti kaum pria, perempuan biasanya sulit mengakses informasi yang berkaitan dengan Pemilu. Sebab dalam rumah tangga, pria lebih sering keluar ketimbang perempuan.

“Perempuan juga dianggap sebagai elemen utama dalam rumah tangga yang biasanya menjadi parameter utama mengambil keputusan dalam rumah tangga. Makanya mereka disasar agar menjadi sumber utama informasi,” tambah Abdi.

Sementara itu, Kepala Dusun setempat, Erawadin yang ikut hadir menyaksikan sosialisasi tersebut mengayatakan sangat bersukur Kepada KPUD Bombana yang rela berhujan-hujanan masuk di wilayahnya, meskipun desanya berada di daerah terpencil.

Ia berharap, sosialisasi yang diselenggarakan KPUD Bombana dapat menambah pengetahuan masyarakat tentang Pemilu.

“Tadinya masyarakat yang kurang pengetahuan tentang pemilihan itu semoga bisa dipahami semua. Apalagi pesertanya ibu-ibu, bisa ajarkan ke bapanya cara menusuk kertas suara dengan benar,” ucap Erawadin dalam sambutannya.(b)

Penulis: Zulkarnain
Editor: La Ode Muh. Faisal

NEWS FEED