oleh

Surunuddin Klaim Kemiskinan di Konsel Menurun

PENASULTRA.COM, KONAWE SELATAN – Bupati Konawe Selatan Provinsi Sulawesi Tenggara, Surunuddin Dangga mengklaim angka kemiskinan di Konawe Selatan menurun sejak dirinya menjabat sebagai Bupati.

Saat ini kata Surunuddin, Pemda Konsel sedang giat menekan angka kemiskinan masyarakat melalui upaya mendorong peningkatan kesejahteraan masyarakat.

“Dulu angkanya mencapai 13 persen dan sekarang sudah dibawah 11 persen,” ungkap Surunuddin, saat mendampingi Pj Gubernur Sultra, Teguh Setyabudi saat mampir di Teluk Kolono, seusai menempuh perjalanan darat dari Buton Utara, Rabu 21 Maret 2018.

Menurut Surunuddin, Pemda Konsel mengusung motto ‘desa maju Konsel hebat’. Motto ini berbasis pada kekayaan sumber daya alam di Konsel yakni, peternakan, perkebunan pertanian dan kelautan perikanan.

Baca Juga:  Warga Trans di Desa Roda Terima Sejumlah Bantuan dari Pemda Konsel

Dihadapan Teguh Setyabudi, Surunuddin mengatakan, sektor perikanan di Konsel cukup menjanjikan, utamanya perikanan tangkap dan budidaya ikan kerapu. Khusus di teluk Kolono Surunuddin menyebut jumlah keramba mencapai 120 karamba dengan berbagai jenis ikan.
“Ada 120 karamba dengan berbagai jenis ikan, lobster dan lain-lain. Dan Kawasannya itu sekitar 1000 hektar,” ungkapnya.

Budidaya tersebut, kata Surunuddin merupakan salah satu sektor ekonomi primadona. Sebab, usaha ini dibuat oleh kelompok nelayan lokal, dan sudah menjadi mata pencaharian mereka.
Senada, Penjabat (Pj) Gubernur Sultra, Teguh Setyabudi ikut mengapresiasi potensi kelautan dan perikanan Konawe Selatan.

Baca Juga:  Launching TBA di Moramo, Bupati Konsel: Ini Hak dan Kebutuhan Anak

Menurutnya, Konsel adalah daerah yang indah, dan memiliki kekayaan melimpah. Ia juga mengapresiasi sejumlah tempat wisata di Konsel. Diantaranya desa wisata namu Kecamatan Laonti.

“Potensi lain masih banyak, bukan hanya budidaya ikan lautnya. Kampung wisata namu juga luar biasa,” ucapnya.(b)

Penulis: Yeni Marinda
Editor: Kas

Komentar

NEWS FEED