oleh

Tingkatkan Partisipasi Pemilih, KPU Buteng Gencar Sosialisasi

PENASULTRA.COM, BUTON TENGAH – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Buton Tengah (Buteng) gencar menggaet partisipasi pemilih lewat sosialisasi pada beberapa basis pemilih.

Kali ini KPU Buteng menyasar basis pemilih perempuan di Kecamatan Mawasangka Timur (Mastim) yang digelar di Balai Pertemuan Desa Lasori, Kecamatan Mawasangka Timur, Rabu 27 Maret 2019.

Kordif Teknis KPU Buteng, Rinto Agus Akbar Harkat mengatakan, sosialisasi ini bertujuan untuk membuat lebih banyak lagi partisipan pemilih dalam menyalurkan hak pilihnya pada Pemilu 2019 khususnya kelompok perempuan.

Baca Juga:  Pemilu dan Integritas Penyelenggara

“Kami tidak terlalu tahu angka pastinya berapa peresen, namun setelah kami akumulasi pada pemilihan sebelum-sebelumnya partisipasi pemilih perempuan ini masi minim,” tutur Rinto saat diwawancarai usai kegiatan sosialisasi, Rabut 27 Maret 2019.

Menurut Rinto, keberhasilan atau kesuksesan pemilu 2019 ini, tidak terlepas dari tiga kontribusi ini, yakni penyelenggaraa yang siap, peningkatan partisipasi masyarakat dalam memilih dan terselenggaranya semua tahapan.

“Buteng sendiri angka partisipasi pemilih sampai pimilihan gubernur kemarin belum mencapai 70 persen, sehingga memang kami hari ini gencar melaksanakan sosialisasi pada sembilan basis pemilih salah satunya basis perempuan,” ucapnya.

Baca Juga:  PDIP Dominasi Perolehan Kursi DPRD Buteng, Ini Komposisi Suara Semua Caleg

Ia berharap, adanya sosialisasi yang dilakukan oleh KPU di masyarakat saat ini, selain dapat meningkatkan partisapasi Pemilu hingga 77 persen yang telah menjadi target untuk seluruh Indonesia, juga pesta demokrasi ini dapat berjalan dengan baik dan sukses.

“Mudah-mudahan dengan hadirnya sosialisasi seperti ini target tersebut bisa dicapai,” tutupnya.(b)

Penulis: Amrin Lamena
Editor: Yeni Marinda

NEWS FEED