oleh

Trafik Layanan Data Telkomsel Naik 16 Persen Pada Nataru 2019

-Pena Style-403 views

PENASULTRA.COM, KENDARI – Pada momen pergantian tahun 2019 ke 2020, Telkomsel mencatat trafik layanan data atau payload mencapai 23.9 petabyte atau meningkat sekitar 16 persen dibandingkan hari biasa.

Trafik tersebut juga meningkat dibanding periode sebelumnya (pergantian tahun 2018 kr 2019) yakni sekitar 39 persen.

Wilayah dengan kenaikan trafik layanan data tertinggi adalah Sumatera Utara dan Bali-Nusa Tenggara dengan peningkatan sekitar 24 persen dan 23 persen dibandingkan hari normal, diikuti Papua-Maluku (23 persen) dan Jawa Tengah (21 persen).

Vice President Corporate Communications Telkomsel, Denny Abidin mengatakan, tingginya peningkatan trafik ini salah satunya dipicu oleh meningkatnya aktivitas pelanggan yang menggunakan layanan video streaming serta akvitas lain di media sosial.

“Serta berkomunikasi melalui pesan instan yang mengalami peningkatan pada periode ini. Medsos 36 persen, video streaming sekitar 26 persen dan terakhir panggilan suara dan video melalui aplikasi pesan instan memberikan andil sekitar 17 persen,” kata Denny melalui rilis persnya, Selasa 7 Januari 2020.

Menurutnya, untuk mengantisipasi lonjakan trafik layanan data, pihaknya telah memperkuat seluruh elemen jaringan di seluruh Indonesia.

Optimalisasi seluruh elemen jaringan Telkomsel meliputi penyediaan sebanyak 82 unit compact mobile base station (COMBAT) atau BTS mobile yang dikerahkan di point of interest (POI) dengan trafik komunikasi terpadat.

“Dengan begitu, penguatan jaringan dari Telkomsel mampu menjangkau 533 POI titik di seluruh Indonesia,” beber Denny.

Dari sisi pelayanan pelanggan, terhitung sejak 20 Desember 2019 hingga 5 Januari 2020, Telkomsel telah menyiagakan 324 Mobile GraPARI (MoGI) dan 3.716 outlet siaga yang menyediakan kartu perdana, layanan isi ulang pulsa, serta aktivasi layanan digital lainnya.

“Kami bersyukur berbagai upaya persiapan dalam momen pergantian tahun sudah dilakukan. Kami akan terus berupaya untuk meningkatkan kualitas layanan kepada pelanggan agar semakin nyaman dalam menggunakan layanan-layanan dari Telkomsel kapanpun dan di mana pun,” tutup Denny.

Penulis: Yeni Marinda

NEWS FEED