oleh

Tujuh Bupati Hadiri Rakor Persiapan Pelaksanaan Pilkada Serentak 2020

PENASULTRA.COM, KENDARI – Sebanyak tujuh bupati di Sulawesi Tenggara (Sultra) menghadiri rapat koordinasi (Rakor) persiapan pelaksanaan pemilihan kepala daerah (Pilkada) serentak 2020 di Rujab Gubernur Sultra, Sabtu 14 September 2019.

Ke tujuh bupati tersebut yakni bupati Konawe Selatan (Konsel), Buton Utara, Konawe Kepulauan, Kolaka Timur, Konawe Utara, Muna dan Wakatobi.

Di Rakor yang dipimpin Pj. Sekprov Sultra La Ode Mustari, didampingi Ketua KPU Sultra, La Ode Abdul Natsir juga dihadiri para ketua KPU kabupaten kota, Bawaslu dan unsur Forkopimda serta sejumlah pimpinan OPD itu, Bupati Konsel Surunuddin Dangga mengatakan untuk anggaran pelaksanaan Pilkada serentak 2020 di Konsel akan dipenuhinya.

Kata dia, salah satu sumber dananya menggunakan anggaran tak terduga serta meminta Pemprov Sultra untuk memberikan anggaran kepada Pemkab. Karena ini juga menyangkut kelancaran pelaksanaan Pilkada serentak.

Baca Juga:  KPU Sultra Ambil Alih Tugas KPU Kolaka dan Kolaka Timur

“Secara umum, Pemda Konsel siap melaksanakan Pilkada serentak 2020. Termasuk pada sisi pemenuhan pengamanan yang melibatkan TNI-Polri, berapapun biayanya akan saya penuhi karena ini perintah konstitusi,” ujarnya.

Di tempat yang sama, Ketua KPU Sultra La Ode Abdul Natsir, menjelaskan untuk mengantisipasi potensi permasalahan Pilkada 2020, Pemda harus mengambil langkah-langkah diantaranya menjamin tersedianya pendanaan pelaksanaan Pilkada dengan memfasilitasi percepatan NPHD, menyiapkan DP4 yang seakurat mungkin sebagai dasar KPU dalam menyusun DPS dan DPT, dan membantu peningkatan partisipasi pemilih dengan mendorong Pemda untuk mengalokasikan dana sosialisasi pada OPD terkait.

Baca Juga:  Terkait Dugaan Pelanggaran Jokowi, LKBHMI Desak DPR Panggil Bawaslu dan KPU

“Saya berharap Pemprov dan Pemkab memastikan pembiayaan Pilkada telah siap. Dan hasil rapat bisa ditindaklanjuti di daerah sesuai agenda kerja. Saya juga berpesan kepada KPU kabupaten sebagai leading sektor kegiatan untuk tidak bosan-bosannya berkonsultasi dengan bupati maupun Sekda demi kelancaran tahapan Pilkada,” harapnya.

Sementara itu, Ketua KPU Konsel, Aliuddin mengungkapkan salah satu menjadi sumber permasalahan adalah anggaran. Dimana, di Kabupaten Konsel sendiri merupakan jumlah TPS, DPT dan desa serta kecamatan terbanyak se Sultra.

“Secara keseluruhan KPU Konsel baik fisik maupun mental siap untuk melaksanakan dan mensukseskan Pilkada 2020,” pungkas Aliuddin.(b)

Penulis: Supyan Hadi
Editor: Bas

NEWS FEED